Yuk Kenali Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri Tahun 2021

Terdapat perbedaan dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri tahun 2021. Perbedaan tersebut adalah siswa yang ingin masuk jenjang D3 bisa mendaftarkan diri di SNMPN dan SBMPN. Sedangkan siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang D4 dapat melalui SNMPTN dan UTBK-SBMPTN.

Kebijakan ini telah dikeluarkan resmi oleh pihak terkait dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) Dr Zainal Arief mengatakan ada lima jalur seleksi masuk ke politeknik negeri pada 2021.

Ia juga mengingatkan peserta untuk selalu memperhatikan persyaratan, kelengkapan serta jadwal penerimaan agar tidak salah memilih jalur penerimaan.

Adapun lima jalur seleksi tersebut, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), dan jalur seleksi mandiri di masing-masing politeknik negeri.

Dr Zainal juga mengatakan bahwa SNMPTN dan SBMPTN merupakan kolaborasi bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diperuntukkan untuk jenjang D4 atau sarjana terapan. Jalur seleksi itu diikuti 39 politeknik negeri.

Sementara untuk SNMPN dan SBMPN merupakan jalur seleksi untuk jenjang D3 dan diikuti 44 politeknik negeri.

SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia. Sementara SBMPN adalah seleksi tertulis yang diselenggarakan oleh politeknik negeri.

Terakhir ia mengatakan informasi lebih lengkap terkhusus jadwal penerimaan dapat diakses melalui laman portal.ltmpt.ac.id maupun politeknik.or.id.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.