Warning! Mendekati Penutupan SNMPTN. Berikut 6 Cara Supaya Lolos SNMPTN

Berhubung saat ini sedang berjalan proses penerimaan mahasiswa baru baik dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Maka tidak heran jika, para calon mahasiswa sedang sibuk mencari program studi yang sesuai dengan keinginannya.

Prof Bambang selaku Guru Besar Linguistik Unesa memaparkan beberapa strategi yang bisa diperhatikan oleh sekolah, siswa maupun orang tua saat memilih prodi. Pertama, memperhatikan penyebaran prodi yang dipilih oleh siswanya. Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan sampai ada siswanya yang memilih prodi yang sama di kampus yang sama. Alangkah lebih baiknya jika memilih prodi lain di kampus yang sama atau prodi yang sama di kampus lain. Dikarenakan jika ada siswa yang memilih prodi yang sama di kampus yang sama maka mereka akan bersaing dengan temannya sendiri.

Kedua, sekolah, siswa atau orang tua harus bisa mencari tahu mengenai informasi seputar prodi dan kampus tujuan. Untuk yang menginginkan daftar ke Unesa bisa langsung mengunjungi laman admisi.unesa.ac.id. Selanjutnya, Kepala Satuan Admisi Unesa, Sukarmin mengatakan hal ketiga yang harus diperhatikan yaitu bagi peserta yang mendaftar baiknya tidak lintas bidang atau dari IPA ke IPS atau sebaliknya.

Keempat, calon pendaftar harus mempelajari kesesuaian nilai rapor dengan prodi yang dituju. Sangat disarankan jika prodi yang dituju linier dengan jurusan sewaktu di SMA, SMK atau MA. Kelima, mempelajari pagu atau daya tampung kampus tujuan agar bisa mengukur kemampuan dengan peluang yang ada. Kemudian jika memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun internasional bisa menyertakan saat mendaftar. Keenam, sertifikat yang diupload diutamakan sesuai dengan prodi yang dituju.

Selain itu, Kepala Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum menyampaikan bahwa hal yang harus diperhatikan yaitu kelengkapan bekal calon seperti raport, portofolio, sertifikat dan kualifikasi sekolah yang menjadi poin penentu penilaian.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share