Wajib Daftar Ulang! Sebanyak 23.312 Siswa Mendaftar Universitas Jember

Pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, jumlah pendaftar di Universitas Jember (Unej) ada sebanyak 23.312 siswa.

Jumlah itu meningkat dibanding SNMPTN 2021, dimana jumlah pendaftar ada 22.531 siswa. Berdasarkan data yang dikutip dari laman Unej, Universitas Jember meningkat sebesar 3,5 persen. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Prof. Slamin yang menyatakan bahwa fakta ini membuktikan bahwa Universitas Jember masih menjadi pilihan bagi banyak siswa terutama di wilayah Jawa Timur bahkan bagi siswa dari luar pulau Jawa sekalipun.

Siswa dari Jawa Timur masih mendominasi dengan 14.058 siswa, disusul siswa dari provinsi Jawa Tengah dengan 499 siswa dan provinsi Jawa Barat yang menyumbangkan 309 siswa. Sementara untuk posisi keempat siswa dari provinsi Sumatera Utara dengan 180 siswa dan Provinsi Bali dengan 122 siswa. Adanya kenaikan pendaftar di Universitas Jember juga dikarenakan banyak program studi di Universitas Jember yang memiliki status akreditasi yang sudah meningkat. Selain itu juga karena Universitas Jember selalu melakukan sosialisasi dan promosi meski situasi pandemi COVID-19.

Prof. Slamin juga mencontohkan seperti kegiatan webinar sosialisasi tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 dan promosi Universitas Jember dilaksanakan dengan menggandeng Musyawarah Guru Bimbingan Konseling di berbagai kota di Jawa Timur. Hal ini juga didasarkan karena adanya permohonan banyak sekolah yang meminta Unej memberikan penjelasan secara langsung mengenai dunia pendidikan tinggi kepada siswanya secara daring.
Universitas Jember merencanakan menerima 2.372 mahasiswa baru tahun angkatan 2022 dari jalur SNMPTN. Guru besar di Fakultas Ilmu Komputer mengingatkan kepada siswa agar nantinya jika sudah keterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) termasuk di Universitas Jember maka wajib melakukan daftar ulang.

Bagi siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN 2022 dipastikan tidak bisa mendaftarkan diri ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sehingga ia berharap semua siswa yang sudah dinyatakan diterima di jalur SNMPTN 2022 segera melaksanakan daftar ulang.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share