Semakin Bertambah! 27.000 Lebih Peserta UTBK 2021 Gelombang 1 Dinyatakan Gugur

masukkampus

Sebanyak 27.138 peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) perguruan tinggi dinyatakan gugur. Ribuan peserta UTBK gelombang pertama itu dinyatakan gugur setelah tidak hadir pada ujian yang diadakan pada 12–18 April.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Muhammad Nasih menjelaskan, pihaknya  mengaku tidak mengetahui pasti penyebab ketidakhadiran ribuan peserta itu. Namun tahun ini, tingkat kehadiran peserta ada 94,28 % . Angka ini lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya 90 %.

Ia mengatakan, pihaknya enggan mencari tahu penyebab ketidakhadiran peserta. Meskipun bila peserta tidak bisa hadir karena Covid-19, peserta tetap dianggap gugur. Sebab, sudah menjadi kebijakan dalam LTMPT bila tidak hadir dan tidak mengikuti ujian, dianggap gugur.

Dari total sekitar 700 ribu, 65 persen di antaranya sudah mengikuti UTBK gelombang pertama. Mereka sudah diproses nilanya. Hanya tersisa 35% yaitu peserta UTBK SBMPTN di gelombang 2.

Lanjutnya, Nasih menegaskan tidak ada kesempatan kedua bagi peserta yang tidak hadir mengikuti UTBK SBMPTN. Kebijakan itu diambil demi keadilan bagi peserta yang mendaftar dalam gelombang kedua.

Sementara itu, Nasih belum menerima laporan terkait peserta yang berhalangan hadir karena menjadi pasien Covid-19. Karena hal tersebut menjadi kewenangan panitia pusat UTBK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Seminggu Sekolah Tatap Muka, Tak Ada Temuan Kasus Positif Covid-19 di Jakarta

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengklaim, sejauh ini pihaknya belum mendapat komplain dari orang tua ataupun masyarakat terkait pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka. Pelaksanaan uji coba di Jakarta sudah berjalan hampir dua pekan lebih. Ia mengatakan, pihaknya juga setiap waktu melakukan evaluasi. Selain itu, selama pelaksanaan uji coba […]

Subscribe US Now