Jangan Sampai Salah! Ini Dia Barang yang Wajib Dibawa Saat UTBK SBMPTN

masukkampus

Perlu kamu ketahui ada beberapa barang yang harus menjadi perhatian untuk peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang wajib dibawa. Jangan sampai ketika tiba dilokasi peserta lupa bahkan salah membawa barang apa saja.

Adapun barang yang wajib dibawa saat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 sebagai berikut :

1. Kartu Peserta
Peserta wajib membawa kartu peserta saat hari H pelaksanaan UTBK 2021. Hal ini untuk membuktikan kepesertaan bagi orang yang memasuki ruang ujian.

2. Alat Tulis
Beberapa pusat UTBK mewajibkan peserta membawa alat tulis pribadi, bisa berupa pensil, pulpen, dan penghapus, seperti di pusat UTBK ITB. Tujuannya adalah untuk orat-oret rumus MTK dan lainnya.

3. Bukti Kelulusan
Peserta diminta membawa fotokopi ijazah yang telah dilegalisir bagi lulusan 2019 dan 2020. Peserta lulusan tahun 2021 bisa membawa surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah, yang mencantum nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah dan pasfoto berwarna terbaru.

4. Identitas Diri
Saat pelaksanaan UTBK 2021, peserta diharapkan membawa identitas diri berupa KTP atau SIM. Bagi peserta yang belum memiliki KTP dan SIM, maka bisa membawa identitas diri berupa kartu pelajar. Tujuannya adalah untuk menghindari joki saat pelaksanaan UTBK 2021.

5. Hand Sanitizer
Demi mencegah penularan saat pelaksanaan ujian, maka pihak penyelenggara menerapkan protokol kesehatan. Peserta juga dianjurkan membawa hand sanitizer masing-masing.

6. Masker
Peserta wajib membawa dan mengenakan masker selama berada di pusat UTBK. Masker yang dipakai harus sesuai ketentuan, bukan masker 1 atau 2 lapis.

7. Hasil Tes Covid-19
Sejumlah pusat UTBK mewajibkan peserta membawa hasil tes negatif Covid-19 pada hari H ujian. Akan tetapi, ada beberapa pusat UTBK yang tidak mewajibkannya, seperti di Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, dan Institut Teknologi Bandung. Jika peserta kedapatan terkonfirmasi positif Covid-19, maka peserta tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Viral! Peserta Menggunakan HP di Ruang Tes UTBK, LTMPT: Akan Ada Sanksi Tegas

Tengah viral di media sosial bahwa peserta UTBK SBMPTN 2021 membawa dan menggunakan handphone ke dalam ruang ujian pada saat pelaksanaan tes UTBK 2021 dimulai. Terdapat tangkapan layar story Instagram dengan tampilan layar monitor berisi materi soal UTBK-SBMPTN 2021. Kemudian, apa akibatnya jika peserta UTBK membawa dan menggunakan telepon genggam […]

Subscribe US Now