Catat! Ketentuan Khusus SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Politeknik 2022

masukkampus

eknis pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 sudah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Sosialisasi Daring Penerimaan Mahasiswa baru PTN 2022 pada Sabtu (11/12/2021) dan Minggu (12/12/2021).

Dalam SNMPTN 2022 sendiri, tiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi (prodi) dari satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN. Apabila memilih dua prodi, maka salah satunya harus ada di PTN di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Sedangkan jika memilih satu prodi saja, maka bisa memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Sementara, pada UTBK-SBMPTN 2022, tiap siswa bisa memilih dua prodi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Mengacu pada hal ini, ternyata ketentuan mendaftar ke politeknik juga sama seperti PTN lainnya.

Minggu (12/12/2021) Ketua Pelaksana LTMPT Budi P. Widyobroto dalam Sosialiasi Daring PMB PTN Tahun 2022 menjelaskan, ketentuan SNMPTN dan SBMPTN 2022 untuk politeknik sama saja dengan PTN lain.

Budi mengatakan bahwa Politeknik itu juga PTN. Sehingga politeknik ini juga termasuk ikut serta di dalam SNMPTN-SBMPTN.

Maka, Budi menegaskan politeknik mengikuti aturan yang diterapkan LTMPT seratus persen, baik itu SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN 2022. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa prodi yang diikutkan oleh politeknik dalam seleksi bersama ini hanya jenjang D4 atau S1 terapan.

Pada jalur SNMPTN 2022 sendiri, dalam waktu dekat LTMPT akan mengumumkan kuota bagi sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa pada 28 Desember 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mulai Tahun 2022, Kurikulum Baru Tiadakan Penjurusan di SMA

Pendidikan, Anindito Aditomo (Nino) menjelaskan rencana penawaran kurikulum baru pada tahun 2022. Menurut Nino, kurikulum baru nantinya akan lebih berfokus pada materi yang esensial dan tidak terlalu padat materi. Dan juga kurikulum prototipe sengaja dirancang untuk memberi ruang lebih banyak bagi pengembangan karakter dan kompetensi siswa, terutama pada jenjang Sekolah […]

Subscribe US Now