Berbeda Dengan Tahun Lalu, Materi Ujian UTBK-SBMPTN 2022 Bertambah

masukkampus

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi merilis jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN).

Tetapi, dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN yang digelar pada Mei 2022 nanti, ada tambahan tes tersendiri yakni Bahasa Inggris.

Hal ini berbeda dengan tahun 2021 yang hanya ada dua materi yakni TPS dan TKA saja. TPS di UTBK SBMPTN 2021, soal disajikan dalam Bahasa Inggris. Berbeda dengan tahun 2022 yang dipisah antara TPS dan Bahasa Inggris.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 masih sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ada dua gelombang dengan dua sesi yakni pagi dan siang, per harinya kembali diterapkan dalam proses ujian. Rencana, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 akan digelar di 74 pusat UTBK PTN yang tersebar di Indonesia.

Materi UTBK SBMPTN 2022

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

2. Tes Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Mengukur Pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menyandang Status PTN-BH, UM Bercita-Cita Jadi Perguruan Tinggi Rujukan Asia

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 115 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum, Universitas Negeri Malang (UM) resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Rektor UM, Prof. AH. Rofi’uddin mengatakan, perubahan UM dari PTN BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum) menjadi PTN-BH tidak serta merta. Hal ini bisa terjadi […]

Subscribe US Now