UTBK Sebelum UN Siswa bisa Stres Kebanyakan Ujian

Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji menilai, manfaat jika UTBK dilakukan sebelum UN yaitu para peserta didik dapat mengukur nilai untuk masuk Perguruan Tinggi yang akan mereka pilih.
.
Namun, kata dia, jika siswa tersebut tidak siap dengan hasil yang mereka terima karena tak sesuai dengan harapan, maka akan menyebabkan mereka bertambah stres sebelum mengikuti UN. Jadi sangat menentukan nasibnya, padahal mereka gelisah karena merasa tidak siap dan belum.
.
Matraji mengatakan dirinya merasa kasihan kepada para siswa. Sebab, dengan banyaknya ujian yang harus dilakukan oleh para peserta didik, akan membuat mereka semakin stres. Apalagi jadwal UTBK rencananya akan diubah oleh Kemenristekdikti. Selama ujian-ujian itu masih diberlakukan, pasti menimbulkan keributan.
.
Selain itu, Matraji pun menyoroti sejumlah problem terkait pelaksanaan UTBK. Salah satunya soal kendala teknis terkait jaringan komputer. Menurut dia, itu merupakan keluhan tahunan yang tidak pernah direspons dengan baik. Seharusnya dilakukan langkah antisipatif yang terukur dan teruji dengan baik. Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi masalah, sudah ada jalan keluarnya dan tidak mengganggu proses ujian berlagsung.
.
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar memastikan rencana dimajukannya waktu UTBK menjadi akhir 2019 belum pasti dilaksanakan dan masih dikaji. Ia juga belum menjelaskan kapan rencana memajukan UTBK tersebut selesai dikaji. Ia bahkan enggan menyebut siapa saja yang terlibat dalam pembahasan rencana tersebut.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.