UTBK akan Bantu Kurangi Potensi Mahasiswa Drop Out

SBMPTN dengan sistem terbaru yakni UTBK selain bertujuan untuk memudahkan siswa memilih jurusan maupun fakultas dengan nilai yang nantinya mereka terima, ternyata SBMPTN ini juga menguntungkan siswa dalam mengetahui potensi diri mereka sehingga akan mengurangi kemungkinan drop out saat perkuliahan nantinya.
.
.
Mekanisme UTBK yang baru akan mengizinkan calon mahasiswa mengetahui tingkat kemampuan akademis dan skolastika. Kedua hal ini berdampak positif pada terukurnya minat dan bakat peserta ujian. Ketika mereka sudah mengetahui bakatnya saat tes, mereka akan mampu memilih jurusan dengan bijak berdasarkan hasil tersebut.
.
“Selain memudahkan sistem seleksi, maka bisa juga meminimalisasi potensi drop out (putus kuliah),” kata peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pandu Tyas Baghaskoro di Jakarta.
.
.
Menurut artikel yang kami baca di Sindonews.com , Pandu menjelaskan calon mahasiswa juga bisa bersaing saat tes masuk dengan kemampuan terbaiknya. Persaingan yang ketat, namun sehat ini bisa terjadi karena mulai tahun ini calon mahasiswa bisa mengulang ujian hingga dua kali.
.
Kebijakan baru ini, lanjut dia, memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri di PTN atau program studi tujuan dengan nilai yang lebih baik.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
Avatar for masukkampus
1 Comments
Avatar for masukkampus
AldenTroy 14-04-2022
| |

thank you so much for this awe-inspiring website me and my class precious this depicted object and insight