UNS Buka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok. Pembukaan prodi ini dilakukan secara luring dan daring di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Pembukaan prodi ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan. Lebih lanjut, pendirian prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini sejalan dengan visi UNS dan FIB serta prioritas program Renstra UNS 2020-2024 yaitu mendukung Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dalam rangka pencapaian reputasi internasional.

Dengan visi menjadi prodi yang maju dan unggul di tingkat internasional dalam pengembangan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang berlandaskan dan Budaya Nasional pada tahun 2030. Prof. Yunus mengatakan bahwa UNS memiliki keseriusan dalam upaya pendiriannya. Lebih lanjut, pendirian prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung program Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok dalam memasukan kerja sama di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, pariwisata dan kebudayaan.

Adanya prodi ini diharapkan mampu melahirkan para lulusan yang unggul, handal dan kompeten dalam bidangnya. Prof. Yunus juga berterima kasih kepada Xihua University dan Confusius Institute karena telah bersedia bekerja sama dalam pendirian prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok UNS. Harapannya semoga kedepan dapat bekerja sama dengan semakin erat. Begitupun dengan Prof. LIU Shugen berharap semoga kedepan makin banyak mahasiswa maupun dosen UNS yang melakukan studi lanjut maupun pertukaran mahasiswa ke Xihua University.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share