UNAIR Membuka Program Internasional Mulai Student Exchange Hingga Double Degree

Melalui Airlangga Global Engagement (AGE), Universitas Airlangga (Unair) membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program internasional mulai dari student exchange hingga double degree. Program ini menjadi salah satu program yang dibanjiri peminat.

Dina Septiani selaku Deputi Airlangga Global Engagement mengatakan bahwa program student exchange ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi, toleransi, dan berpikiran terbuka. Selain itu juga dapat membangun mahasiswa dengan kepribadian independen termasuk dalam menambah pengalaman dan value diri. Tambahnya, ia mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang ketagihan dan ingin mencoba lagi mengikuti student exchange karena banyaknya manfaat positif yang diperoleh. Memang pada dasarnya tujuan untuk mendorong mahasiswa agar aktif dan partisipatif dalam program-program internasional.

Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini dapat melihat informasinya melalui AGE. Seperti informasi kesempatan beasiswa, dukungan logistik, pembelajaran, membangun kapasitas dan dukungan kesehatan. Kemudian dukungan AGE lainnya adalah GWC (Global Writing Clinic), Info Session, dan wadah komunikasi.

Tidak jarang mahasiswa yang tertarik tapi enggan untuk mengikuti karena merasa kemampuan bahasa Inggrisnya kurang. Namun tidak perlu khawatir, disini Unair melalui Pusat Bahasa dan Multibudaya (Pusbamulya) membuka wadah program peningkatan kemampuan Bahasa Inggris termasuk untuk bahasa asing lainnya.

Dina Septiani, selaku Dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIP ini juga menambahkan bahwa ada 5 negara teratas yang menjadi tujuan program internasional mahasiswa UNAIR selama ini. Yaitu Malaysia, Myanmar, Timor Leste, Yemen, dan Pakistan. Selain itu, ada mahasiswa Unair yang mengikuti program ke negara lain. Misalnya, Thailand, China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Singapura.

Ia juga memberikan beberapa saran bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program internasional seperti:
– Aktif mencari informasi.
– Saat masuk 2 tahun kuliah, mulai untuk menuntaskan mata kuliah wajib.
– Mempersiapkan paspor
– Mengasah kemampuan bahasa Inggris.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share