UB Siap Buka Dua Fakultas Baru, Pasca Ditetapkan Status PTN-BH

Universitas Brawijaya (UB) akan membuka dua fakultas di tahun 2022. Pasca kampus ini ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) sejak 18 Oktober 2021. Namun karena masih dalam waktu tahun berjalan, maka UB sekarang ini masih menjalani status BLU.

Berdasarkan informasi dari Prof. Aulani’am, dua fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Kesehatan dengan program studi Keperawatan dan Gizi, serta Fakultas Vokasi.

Lebih lanjut, Rektor UB Prof. Nuhfil Hanani mengatakan dari adanya status baru dari UB tersebut tidak menempatkan UB dalam jajaran pemain pemula. Justru UB sudah berada di atas semua perguruan tinggi yang terlebih dahulu berstatus PTN BH. Hal ini karena sudah banyak persiapan yang dilakukan UB sejak masih menjadi perguruan tinggi BLU.

Disamping adanya perubahan di bidang akademik, beberapa perubahan juga akan dilakukan seperti di bidang SDM dan keuangan.

UKT tidak akan naik pasca PTN BH

Disisi lain, Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan , Prof, Gugus Irianto memaparkan bahwa tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) seperti informasi yang selama ini beredar dan akan ada perubahan struktur organisasi baik di tingkat universitas atau level kepegawaian.

Pada tingkat universitas, UB memiliki tiga organ yaitu Majelis Wali Amanat (MWA), Rektor dan Senat Akademik Universitas (SAU). Sedangkan pada level kepegawaian akan ada perubahan struktur yang disesuaikan dengan Organisasi dan Tata Kelola (OTK) yang telah disahkan.

Kemudian dari segi keuangan, mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengungkapkan bahwa UB tetap memperhatikan masyarakat dengan sejumlah uang yang telah disiapkan. Dari adanya perubahan status UB sebagai PTN BH, prinsip yang dipegangnya yaitu tetap tidak mencari keuntungan atau nirlaba.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.