Tidak Sulit Lho, Ini Cara Cek Akreditasi Universitas dan Jurusan

Masih bingung dengan pilihan kampus? Banyak yang bilang cara mudah mengetahui kualitas universitas atau suatu perguruan tinggi adalah dengan melihat akreditasinya nih Glads. Tapi, kamu sudah tahu cara mencarinya belum?  

Eits, sebelum cari tahu akreditasinya, kenalan dulu yuk sama perbedaan Akreditasi Universitas dan Akreditasi Jurusan serta lembaga apa sih sebenarnya yang mengeluarkan akreditasi?

Apa Bedanya Akreditasi Universitas dan Jurusan?

Ada dua jenis akreditasi yang perlu kamu ketahui, yaitu akreditasi universitas dan akreditasi jurusan atau program studi. Meskipun universitasnya sudah terakreditasi, belum tentu jurusannya sudah mendapatkan akreditasi atau sebaliknya lho Glads. Mengapa ya bisa begitu? Karena memang masing-masing membutuhkan syarat dan tata cara pengurusan yang berbeda.

Sesuai namanya, akreditasi universitas ditujukan untuk menilai mutu dari universitas, institut, sekolah tinggi, atau akademi dari perguruan tinggi tersebut. Sementara akreditasi jurusan ditujukan untuk menilai mutu dari penyelenggaraan pendidikan di jurusan yang dimaksud secara lebih spesifik.

Baik atau tidaknya mutu pendidikan dari jurusan di perguruan tinggi tersebut akan dinilai oleh pemerintah, sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Akreditasi ini dilakukan secara berkala dan perlu diperbarui setiap 5 tahun sekali oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan beberapa LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri).

Cara Cek Akreditasi

Kamu bisa melakukan pengecekan langsung melalui website resmi BAN-PT untuk mengetahui akreditasi institusi maupun jurusan, dengan cara sebagai berikut:

1.Kunjungi laman https://www.banpt.or.id/

2.Pilih tabel Data Akreditasi

3.Ada beberapa pilihan informasi akreditasi yang dapat dipilih, yaitu:

– Institusi (terkini)

– Program Studi (terkini)

– Pencarian Data Akreditasi (histori)

– Usulan Program Studi Baru

– Distribusi Peringkat

4.Jika kamu ingin melihat informasi Akreditasi Universitas, kamu dapat memilih Institusi (terkini). Sementara jika kamu ingin melihat Akreditasi Jurusan, pilih Program Studi (terkini)

Oh iya, di laman BAN-PT ini kamu bisa menyaring pencarian akreditasi berdasarkan peringkat, seperti A, B, C, Baik, Baik Sekali, dan Unggul. Selain itu, kamu juga dapat memilih berdasarkan jenjang, yang digolongkan menjadi D1, D2, D3, D4, S1, S2, S3, Profesi, dan Spesialis lho Glads. Nah, mudah kan Glads? Yuk cari tahu akreditasi kampus dan jurusan impian kamu sebelum pendaftaran kampus dibuka!

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.