Terbaru! Pemanfaatan Teknologi Multiverse Untuk Mendukung Murid SD Berkarya

Hadirnya teknologi metaverse dalam bentuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) diprediksi menjadi dunia baru dalam generasi digital. Teknologi ini membuat aktivitas dan sosialisasi menjadi tak lagi terbatas oleh jarak dan ruang.

Sekolah Cikal Cilandak salah satunya mencoba mengintegrasikan teknologi metaverse sebagai bentuk asesmen program musik bagi murid Sekolah Dasar (SD) kelas 6 dengan jumlah 78 karya dengan durasi tak terbatas. Kelvin Djunaidi selaku pendidik program musik SD Cikal Cilandak mengatakan bahwa Virtual Musik Gallery dibuat khusus bagi murid kelas 6 untuk program musik dengan cara menampilkan karya komposisi musik mereka dan merekam video klip yang terkait dengan musik tersebut sebagai bagian dari asesmen sumatif program musik.

Tidak hanya itu, pameran musik virtual ini juga menjadi sarana untuk membuat murid merasakan pengalaman baru belajar, berinteraksi dan berkesenian dengan teknologi metaverse. Kelvin mengatakan bahwa murid-murid dan orang tua merasa antusias karena dapat berkarya dan melihat karyanya secara virtual dengan teknologi metaverse yang kini sedang berkembang.

Program musik Cikal ini menjadi program pilihan bagi murid untuk menjadi sarana ekspresi musikal sebebas-bebasnya. Lebih lanjut, Kelvin mengatakan untuk kelas 6 ia mencoba memupuk rasa ingin tahu murid sambil mengajarkan bagaimana cara mereka mencari solusi dari penasaran tersebut. Tugas dari Sekolah Cikal adalah memfasilitasi dengan pendampingan belajar dari teknologi perangkat lunak dan keras yang kini sedang marak dimana hal ini memungkinkan siswa untuk belajar dan berekspresi tanpa batas.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.