TELAH DIBUKA! SELEKSI MANDIRI JALUR PRESTASI JENJANG SARJANA UNNES, BERIKUT JADWAL DAN PERSYARATANNYA!

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) jalur prestasi diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan.

Pendaftaran SM-UNNES dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Maret hingga 30 Mei 2022. Pendaftaran dapat melalui http://penerimaan.unnes.ac.id

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES sebesar Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Bagi program studi yang mensyaratkan portofolio uji keterampilan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah).

Persyaratan peserta SM-UNNES jalur prestasi 2022:

1). Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat pada tahun 2022 yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.

2). Sanggup mematuhi etika dan tata tertib mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

3). Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi dan akan dievaluasi tim.

4.) Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

  • Juara I, II, dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat nasional dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, dan hak cipta atau HKI lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  • Pernah menjabat sebagai Ketua OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan untuk beladiri, tennis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport dan sepak takraw yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi   (maksimal   10   orang),   tari   (pasangan)   yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, atau kementerian lainnya.
  • Juara olimpiade/lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
  • Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemdikbudristek atau Kementerian lainnya.
  • Bukti sertifikat,  piagam  kejuaraan  atau  surat  keterangan  sesuai  bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada nomor 1 sampai 8 harus disahkan oleh kepala dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

5). Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share