Tahun ini Program Kedokteran Gratis Universitas Padjadjaran Dihentikan

Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan salah satu PTN yang paling diminati. Tahun lalu, Unpad menempati posisi ketiga dengan pendaftar SNMPTN terbanyak di Indonesia. Salah satu fakultas yang terdapat di Unpad adalah Fakultas Kedokteran.
.
Sudah tiga tahun belakang, rektor Unpad mengadakan program kedokteran yang tidak dipungut biaya alias gratis. Program ini memiliki tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dokter dan dokter spesialis di daerah Jawa Barat. Melalui program kedokteran gratis ini, mahasiswa harus bersedia dan siap ditempatkan sebagai dokter atau dokter spesialis di daerah-daerah pelosok Jawa Barat.
.
Namun pada tahun ini, program tersebut akan dihentikan. Pertimbangan utama dihentikannya program tersebut adalah telah tercapainya tujuan utama dari program ini yaitu terpenuhinya kebutuhan calon dokter dan dokter spesialis, terutama untuk ditempatkan di wilayah Jawa Barat. Program ini telah menjaring sekitar 900an mahasiswa program Dokter Spesialis dan 800an mahasiswa program Sarjana Pendidikan Dokter.
.
Selain itu, program ini merupakan program kerja dari Rektor 2015-2019 yaitu Prof. Tri Hanggono Achmad, sehingga dengan kebijakan periode rektor baru nantinya, program biaya pendidikan gratis ini bisa saja digulirkan kembali.
.
Keputusan ini juga sesuai dengan evaluasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyarankan kebijakan ini dihentikan agar bisa diketahui proyeksi penerimaan negara. Oleh karenanya, Unpad memutuskan untuk menghentikan kebijakan itu. Sehingga mulai tahun ini, mahasiswa baru prodi sarjana kedokteran dan dokter spesialis harus membayar biaya pendidikan.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.