Susah Fokus Belajar? Coba Teknik Pomodoro dan SQ3R!

Tidak terasa, sebentar lagi sudah waktunya untuk UTBK SBMPTN. Bagi kalian yang sudah di tahun terakhir SMA dan ingin melanjutkan perkuliahan di Universitas Negeri, tentu harus semakin mempersiapkan diri lagi mengingat persaingan yang ketat. Memang tak dapat dipungkiri bahwa bagi beberapa orang sulit untuk fokus ketika belajar, meskipun menjelang ujian yang penting seperti SBMPTN.

Terkadang kita sudah memilih tempat yang tenang, memutar lagu yang santai, hingga mengesampingkan segala macam hal yang lain, tapi tetap saja sulit untuk fokus. Bagi kalian yang mengalami hal tersebut, mungkin yang menjadi masalah bukan situasi yang tidak mendukung, tetapi teknik yang kalian gunakan untuk belajar. Oleh karena itu, kalian dapat mencoba beberapa alternatif teknik untuk fokus belajar berikut.

1. Teknik Manajemen Waktu: Teknik Pomodoro

Teknik ini merupakan teknik manajemen waktu yang dicetuskan oleh Francesco Cirillo pada awal tahun 90-an ketika ia memotong tomat. Metode yang digunakan juga cukup simpel, kalian hanya perlu membagi sebuah tugas atau materi yang ingin kalian kuasai ke dalam beberapa interval waktu yang singkat.

Untuk menggunakan teknik ini, cukup siapkan timer dan tugas yang ingin kalian kerjakan atau materi yang ingin kalian kuasai. Kemudian, simak langkah-langkah berikut.

  1. Mulai timer selama 25 menit dan kalian harus fokus mengerjakan tugas itu tanpa melakukan hal lain, bahkan melihat notifikasi hp sebaiknya jangan ya.
  2. Setelah 25 menit itu berakhir, kalian dapat beristirahat selama sekitar 5 menit, sebelum melanjutkan timer selama 25 menit lagi.
  3. Setelah belajar selama 100 menit, atau mengulangi timer 25 menitnya selama 4 kali, kalian dapat mengambil istirahat panjang selama 15-30 menit sebelum lanjut belajar lagi.
  4. Ulangi terus interval itu hingga tugas yang ingin kalian kerjakan atau materi yang ingin kalian kuasai selesai.

Teknik ini mengandalkan keseimbangan antara fokus dan istirahat dengan waktu fokus yang relatif singkat, 25 menit, sehingga dapat membuat kalian merasakan urgensi untuk harus tetap fokus sebelum dihadiahkan istirahat nantinya. 

2. Teknik Membaca: Teknik SQ3R

Nama teknik membaca ini sebenarnya merupakan singkatan dari Survey, Question, Read, Recall/Recite, dan Review (SQ3R). Teknik ini merupakan teknik membaca yang sistematis, sehingga materi yang dibaca dapat dicerna dengan lebih efektif. Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut!

  1. Survey (Survei)

Pertama, lakukan survei menyeluruh dari isi buku atau materi yang ingin kamu kuasai. Telusuri daftar isi untuk mempelajari seluruh isi bukunya, kata pengantar untuk mempelajari permasalahan utama dari bukunya, dan lihat seluruh bagian dari buku secara sekilas. Dari survei ini kalian dapat menentukan gambaran kasar tentang isi buku.

  1. Question (Pertanyaan)

Kemudian, kalian dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan survei yang telah dilakukan. Misalnya, berdasarkan dari judul bab, kalian dapat merumuskan pertanyaan yang sekiranya ingin kalian dapatkan dari membaca bab tersebut. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menelusuri dan memahami setiap detail dari buku yang mau dibaca.

  1. Read (Membaca)

Setelah itu, kalian perlu membaca bukunya guna menjawab pertanyaan yang sudah dirumuskan tadi. Dalam membaca buku yang tebal, kalian juga bisa gunakan Teknik Pomodoro yang sudah dibahas tadi. Membaca perlu dilakukan hingga paham, jadi pastikan kalian mengulangi bagian yang belum dipahami hingga seluruh pertanyaan kalian terjawab.

  1. Recall/Recite (Mengingat Kembali)

Di tahapan ini, kalian dapat mengingat kembali pertanyaan yang telah dirumuskan dan jawaban yang kalian temukan setelah membaca. Pertanyaan dan jawaban tersebut kalian tulis ulang dalam kalimat kalian sendiri. Tahapan ini bertujuan untuk menyederhanakan informasi yang sudah kalian baca sehingga lebih mudah diingat.

  1. Review (Ulasan)

Setelah menyelesaikan semua tahapan di atas, maka kalian dapat membaca ulang bagian-bagian penting yang sudah kalian recall/recite tadi. Tahapan ini penting sebagai finalisasi dari memahami materi atau buku yang kalian pelajari. Saat melakukan review, pastikan kalian memahami seluruh materi yang sudah dibaca, pastikan juga jawaban yang kalian temukan sudah menjawab pertanyaan yang kalian rumuskan di awal. Jika belum, kalian dapat mengulangi tahap review ini berkali-kali hingga kalian benar-benar menguasai materi atau bukunya.

Oleh karena itu, bagi kalian yang masih sulit untuk fokus belajar dan belum punya teknik sendiri, kalian dapat menggunakan Teknik Pomodoro yang dapat membantu manajemen waktu, dan Teknik SQ3R untuk membaca yang sistematis, atau bahkan kombinasi dari keduanya. Persiapkan diri kalian untuk ujian yang mendatang, pastikan kalian sudah mengerahkan semua kemampuan kalian untuk belajar, supaya bisa mendapatkan Universitas Negeri impian kalian!

Nah, kalau nanti skor UTBK kalian tidak cukup untuk menembus Perguruan Tinggi Negeri, jangan khawatir apalagi sedih yang berlarut-larut. MNP punya program beasiswa yang bisa bikin biaya kuliahmu lebih terjangkau, bahkan bisa sehemat kuliah di PTN. Namanya Beasiswa UTBK, manfaatnya berupa potongan uang pangkal hingga 100%.

Cukup dengan menunjukkan bukti Skor UTBK, rapor, dan foto diri, disertai dengan mengisi data diri yang lengkap, kamu bisa mengikuti program Beasiswa UTBK ini. Jadi, ikut UTBK tidak akan sia-sia, karena bisa ditukar menjadi beasiswa!

Informasi lebih lanjut, silakan cek website mnp.ac.id atau hubungi nomor WA 08111200779.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share