Susah Dapet Beasiswa? Ini 5 Kesalahan Saat Mendaftar Beasiswa

Mendaftar beasiswa itu gak semudah daftarin diri buat bikin akun email. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan semua juga perlu strategi biar berhasil mendapatkannya. Di antaranya 5 kesalahan berikut kerap dilakukan:
.
1. Minim cari informasi mengenai detail beasiswanya.
Beasiswa itu ada banyak banget di dunia ini dan masing-masing tentunya punya persyaratan tersendiri. Makanya, kamu gak semestinya menyamaratakan ketentuan beasiswa yang akan dituju.
.
2. Meski udah siap mendaftar beasiswa, ternyata lupa mencari informasi tempat kuliahnya.
Alangkah lebih baik lagi kalau kamu udah tahu kampus mana yang mau dituju. Gak harus udah punya letters of acceptance (LoA), setidaknya kamu udah punya tujuan gitu, lho. Jadi pas diwawancara beasiswa, jawabanmu gak mengawang-awang sehingga bisa cukup meyakinkan penyeleksi.
.
3. Persiapan dokumen persyaratan terlalu mepet.
Percayalah, ada banyak sekali dokumen yang harus kamu siapkan untuk memenuhi syarat administrasi pendaftaran beasiswa. Mungkin kalau dibaca dan dibikin check list kayaknya gak terlalu banyak, tapi saat mengumpulkannya kamu akan merasakan betapa ribetnya mengurus semua dokumen itu.
.
Beberapa dokumen yang butuh waktu lama diurus biasanya dokumen sertifikat bahasa asing, surat kesehatan, dan surat rekomendasi.
.
4. Menyepelekan belajar bahasa Inggris atau asing untuk syarat beasiswa.
Dari keseluruhan persyaratan, kayaknya memang syarat yang satu ini yang paling sulit ditaklukkan. Gak mudah, lho ternyata mencapai skor IELTS 7,0! Nah, makanya kamu gak boleh menyepelekan perlunya belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing yang disyaratkan.
.
5. Gak punya tujuan jelas mengapa mau melanjutkan sekolah dan berhak dapat beasiswa tersebut.
Wah, ini paling fatal, sih. Jangan sampai kamu melakukan hal yang ini karena pada akhirnya percuma juga mendaftar beasiswa. Pastikan kamu udah punya tujuan jelas dulu kenapa mau melanjutkan sekolah dan membutuhkan beasiswa tersebut. Jangan cuma berkedok “butuh bantuan uang kuliah”, tapi kamu gak punya motivasi lain untuk melanjutkan studi.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.