Suara Nadiem Makarim Menentukan Pemilihan Rektor Baru ITB

Untuk pertama kalinya, Nadiem Makarim akan memberikan suaranya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pemilihan rektor (Pilrek) perguruan tinggi negeri di Indonesia.
.
Hermawan menjelaskan, Pilrek ITB diikuti 30 kandidat yang sudah dikerucutkan menjadi 10 kandidat.
.
Ketua Majelis Wali Amanat ITB, Prof Yani Panigoro mengatakan, bila tidak ada halangan dan sesuai rencana, MWA akan menerima 3 nama calon rektor dari senat ITB awal November ini. Setelah itu, pihaknya akan melakukan rapat dengan Mendikbud Nadiem pada 8 November untuk membahas Pilrek ITB.
.
Suara Menteri Nadiem menjadi salah satu penentu. Sebab Kemendikbud memiliki hak pilih dengan komposisi hak suara 35 persen.
.
Salah satu tahapan yang harus dilalui para calon rektor adalah debat terbuka. Dalam debat terbuka kemarin, berbagai persoalan diperdebatkan. Salah satunya terkait isu radikalisme, intoleransi yang ramai mengiringi Pilrek ITB.
.
Langkah pertama bisa dimulai dengan saling mengenal. Salah satunya, saat awal mahasiswa kuliah, dosen mengatur agar mahasiswa bergabung dalam kelompok yang beragam.
.
Bakal calon rektor lainnya, Bramantyo menawarkan konsep Sakti, yakni mata kuliah spiritualitas akhlak kepemimpinan berbasis toleran dan inklusif. Pelajaran ini diberikan pada tahun pertama dan terakhir.
.
Intinya, Sakti diberikan untuk membangun jiwa kepemimpinan yang toleran dan inklusif. Jadi, saat akan membuat keputusan, memilih orang, mahasiswa mempertimbangkan faktor keberagaman.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.