Simak! 7 Cara Memilih Jurusan Kuliah Biar Tidak Bingung!

Tidak heran jika beberapa perguruan tinggi sudah mulai membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022. Artinya para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi harus mempersiapkan diri termasuk dalam menentukan jurusan kuliah yang dituju.

Namun dalam pemilihan jurusan kuliah tidak boleh asal-asalan, calon mahasiswa harus benar-benar paham terhadap jurusan kuliah yang diminatinya. Berikut 7 cara memilih jurusan kuliah :

1. Ketahui passion kamu
Ini menjadi hal mendasar yang harus dimilik. Misal ketika suka menghafal, maka bisa memilih jurusan Komunikasi, Sosiologi dan lain sebagainya. Begitupun ketika suka berhitung, maka bisa memilih jurusan seperti Matematika.

2. Potensi diri
Setiap orang tentu memiliki potensinya masing-masing. Untuk mengetahui potensi diri sendiri yaitu dengan bertanya ke orang terdekat, menjalani hobi atau melihat nilai ketika sekolah.

3. Punya motivasi diri
Motivasi akan menjadi penyemangat ketika nantinya berada dalam posisi yang sulit, sehingga nantinya motivasi ini lah yang membuat kamu tidak gampang menyerah.

4. Mengetahui kepribadian
Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu:
– kepribadian realistic (realistis)
– thinkers (pemikir)
– creators (berjiwa seni)
– helpers (penolong)
– persuaders (menguasai orang lain)
– organizers (terorganisir)

5. Ketahui prospek kerja kedepan
Mencoba untuk mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memiliki peluang kerja yang menjanjikan atau tidak, menjadi suatu hal penting juga.

6. Konsultasi
Bertanya langsung secara real dengan ahlinya atau yang sudah punya pengalaman akan memberikan gambaran pasti tentang pilihan jurusan kuliah. Baik ke kakak tingkat, guru BK, dan lain sebagainya.

7. Biaya
Dalam pemilihan jurusan juga harus disesuaikan dengan kemampuan biaya orang tua.

3.80 avg. rating (76% score) - 5 votes
Share
0 Comments

No Comment.