Siapkah Kamu ? Jadwal UTBK 2020 Dimajukan

Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), mengusulkan agar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam penerimaan mahasiswa baru 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Diharapkan pada awal 2020, siswa sudah mengetahui diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu. Menurutnya, UTBK dimajukan agar siswa mempunyai waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan UN tanpa harus memikirkan UTBK yang telah dijalani pada semester lima.
.
Usulan ujian masuk perguruan tinggi ini telah diajukan sejak tahun 2017. Nasir menambahkan, tahun ini ujian akan dievaluasi penuh mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Perubahan jadwal UTBK dirapatkan Agustus hingga September. Oktober disiapkan. Jadwal SNMPTN masih akan dievaluasi terlebih dahulu. Mengingat inputnya dari sumber yang sama, ada kemungkinan jadwal SNMPTN juga akan maju.
.
Rencana pengajuan UTBK pernah diungkapkan Nasir pada awal tahun. Memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru terutama UTBK, dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi agar siswa berprestasi tidak berbondong-bondong ke perguruan tinggi di luar negeri. Nasir menuturkan, calon mahasiswa baru berprestasi dari Indonesia menjadi incaran para pencari bakat dari perguruan tinggi di luar negeri. Mereka melakukan penjaringan lebih awal dari proses penerimaan mahasiswa baru di Indonesia.
.
Nasir pun menjelaskan, UTBK 2019 telah menggunakan standar internasional untuk penerimaan mahasiswa baru sehingga setiap siswa nantinya juga bisa mendaftarkan diri mereka untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
.
Gimana Glads??? Udah siap belum UTBK akan hadir lebih awal?🤔

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.