WOW! UGM Meraih Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia Tahun 2021

Airul Septian

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang berhasil masuk jajaran 1.000 perguruan tinggi terbaik di dunia versi Webometrics Ranking of World Universities 2021. UGM mendapatkan peringkat 810 di dunia dan peringkat pertama di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2021.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Pemeringkatan universitas terbaik ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Webometrics Ranking of World Universities melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan sejumlah indikator dan metodologi.

Kemudian dari beberapa aspek penilaian, UGM mendapatkan peringkat 578 untuk aspek impact. Sedangkan aspek openness memperoleh peringkat 638 dan aspek excellence di peringkat 1.500.

Direktur Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan mengatakan, peringkat yang diperoleh UGM tentunya melalui penilaian yang dilakukan webometric dan terdiri atas tiga indikator yakni impact atau visibility, openness atau trasnparency, serta excellence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem Mengeluarkan Surat Edaran Peniadaan UN, Ujian Sekolah dan Ujian Kesetaraan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Nadiem menetapkan bahwa Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan pada tahun 2021 ini ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN […]

Subscribe US Now