Sukses Jalankan Program MBKM, Pencairan Dana Akan Dilanjutkan Tahun 2022

masukkampus

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dijalankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar perguruan tinggi mereka. Program ini bertujuan agar mahasiswa dapat fokus dan semangat dalam mencari pengalaman, ilmu baru, dan kompetisi untuk berjejaring.

Pada tahun 2021, terdapat 12.800 mahasiswa yang mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), 21.700 mahasiswa pada program Kampus Mengajar (KM), 8.200 mahasiswa pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), dan 950 mahasiswa pada Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Adapun salah satu mahasiswa peserta MSIB yaitu Erwan Cerentio yang mendapatkan kesempatan magang di perusahaan telekomunikasi ternama.

Ia menjelaskan bahwa persiapan dan fasilitas yang diberikan program MBKM ini sangat membantu. Tidak hanya itu, Erwan juga menambahkan bahwa dengan mengikuti program ini ia mendapatkan kesempatan untuk bereksplorasi dan bereksperimen.

Pada dasarnya memang progam MBKM yang didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini turut membantu mahasiswa peserta, mentor dan dosen pendukung untuk mendapatkan dukungan uang saku, biaya hidup atau honor selagi menjalankan kegiatan. Dukungan ni berasal dari anggaran negara.

Dibalik kesuksesan program ini, tentunya tidak terlepas dari tantangan yang harus dihadapi. Terhitung sejak Desember 2021, sekitar 1.100 mahasiswa MSIB, 1.000 mahasiswa KM, dan 780 mahasiswa PMM masih terkendala terkait kelengkapan dokumennya. Begitu pun dengan 600 mentor MSIB, 450 dosen pembimbing lapangan KM, dan 180 pendamping PMM.

Atas kendala dan keterlambatan pemenuhan hak mahasiswa dan mitra program MBKM 2021, Prof. Nizam memohon maaf. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir karena pencairan kegiatan tahun 2021 akan diteruskan di tahun 2022 sampai semuanya selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

10 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Dan Prospek Kerjanya

Memiliki kesempatan untuk membangun karier dan mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma maupun sarjana adalah kesempatan berharga, karena tidak setiap orang memiliki kesempatan tersebut. Maka dari itu, ketika kamu diberikan kesempatan menjadi mahasiswa harus merencanakan masa depan dengan matang. Salah satunya memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Beberapa […]

Subscribe US Now