Selangkah Lagi, UT Akan Beralih Status Menjadi PTN-BH

masukkampus

Universitas Terbuka tinggal selangkah lagi beralih status dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) menjadi PTN Badan Hukum (PTNBH).

Saat ini, UT telah menerima Mendikbud Ristek Nomor 0835/E.E3/KB.00/2021 tertanggal 7 Desember 2021 tentang Persetujuan Universitas Terbuka menjadi PTN Badan Hukum.

Melalui rilis resmi (18/12/2021), Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyatakan, saat ini UT tengah memasuki suatu tahapan baru dalam dunia industri pendidikan di Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, ungkap Prof. Ojat, sebelumnya UT memiki peran monopoli dalam pasar pendidikan jarak jauh (PJJ) karena UT menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mengusung pembelajaran jarak jauh.

Dengan monopoli tersebut UT menjadi “bayi bongsor” (disebut bongsor karena jumlah mahasiswa yang mencapai lebih dari 340 ribu) yang kurang kompetitif. Tetapi tiba-tiba kondisi berubah dan terjadi disrupsi.

Dengan menjadi PTN-BH, lanjut Prof. Ojat, UT mempunyai otonomi sebagai perguruan tinggi yang dapat membuka serta menutup program studi sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga UT mempunyai otonomi akademik yang lebih luas. Dengan demikian, UT juga siap menerima tantangan dari pemerintah untuk mengelola 1 juta mahasiswa.

Selain itu, UT dapat memiliki otonomi dalam pengelolaan dan pengadaan sumber daya manusia (SDM) dimana UT tidak harus menunggu kesempatan mendapat alokasi CPNS dari pemerintah tetapi UT dapat merekrut pegawainya sesuai dengan kebutuhan UT sendiri baik dari sisi jumlah, kualitas dan kualifikasinya.

Lebih jauh lagi, UT mendapatkan otonomi dari segi anggaran, dan otonomi dalam hal pengelolaan BMN (Barang Milik Negara).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

ITS Menjadi Juara THE Datapoints Social Impact Awars 2021

Times Higher Education (THE) mengumumkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai satu-satunya nominator dari Indonesia berhasil menjadi juara pemenang untuk kategori THE DataPoints Social Impact Award pada THE Awards Asia 2021. THE Awards Asia 2021 mempunyai beberapa kategori awards yang diberikan. Yakni Excellence and Innovation in the Arts, International Strategy […]

Subscribe US Now