Sama Seperti UI, Mahasiswa UGM Tak Suka Belajar Tatap Muka dan Memilih Blended Learning

masukkampus

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) lebih suka blended learning dibanding kuliah tatap muka. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh UGM. Survei tersebut dilakukan oleh Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM terhadap 10.800 mahasiswanya.

Sebagai informasi, blended learning adalah kombinasi dari perkuliahan atau pembelajaran tatap muka dan online.

Ditinjau dari aspek biaya, perkuliahan dengan konsep blended learning tak menjadi masalah karena infrastruktur yang dimiliki para mahasiswa UGM sudah mendukung.

Dilansir dari laman resmi UGM, sebanyak 67 persen dari responden mengatakan bahwa perangkat teknologi yang mereka gunakan sudah mendukung pembelajaran daring. Selain itu, 46 persen responden yang mengaku bahwa situasi belajar mereka baik atau sangat baik.

Berdasarkan hasil survei tersebut, 54.2 persen mahasiswa UGM yang menjadi responden menginginkan pembelajaran secara blended learning, atau lebih dari separuhnya dengan durasi selama 30 hingga 60 menit.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Dr. Ir Djagal Wiseso Marseno mengatakan bahwa blended learning di UGM masih perlu dipertimbangkan. Pertimbangan yang perlu dilakukan adalah kondisi pandemi COVID-19 pasca lebaran nanti.

Perkuliahan dengan skema ini juga akan dibagi dalam dua skema. Skema pertama adalah dilakukannya pembelajaran daring atau online di paruh pertama semester. Sedangkan perkuliahan paruh kedua semester akan dilakukan secara tatap muka atau luring.

Skema keduanya adalah sistem gilir di mana separuh mahasiswa melakukan perkuliahan secara luring dan separuh lainnya daring, kemudian bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Terungkap! Saat Jadi Siswa, Jokowi Tidak Mau Kalah dan Senang Berkompetisi

Presiden RI, Joko Widodo mengaku dalam belajar dirinya tidak mau kalah dan pantang menyerah dari orang lain. Sejak SD, SMP, SMA, hingga kuliah, prinsip ini selalu dipegang teguh. Hal ini diungkapkan Jokowi saat podcast bersama dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, pada peringatan Hari Pendidikan […]

Subscribe US Now