Menyandang Status PTN-BH, UM Bercita-Cita Jadi Perguruan Tinggi Rujukan Asia

masukkampus

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 115 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum, Universitas Negeri Malang (UM) resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Rektor UM, Prof. AH. Rofi’uddin mengatakan, perubahan UM dari PTN BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum) menjadi PTN-BH tidak serta merta.

Hal ini bisa terjadi melalui proses kajian yang panjang dan mendalam oleh pemerintah pusat. Proses kajian itu untuk memastikan kesiapan dan kelayakan UM menjalankan otonomi yang lebih luas dalam pengelolaan perguruan tinggi.

Prof. AH. Rofi’uddin mengatakan, pencapaian PTN-BH ini sejalan dengan visi UM yang ingin menjadi perguruan tinggi tingkat Asia dan dikenal dunia. Sebab dengan status ini, maka UM punya fleksibilitas yang sangat luas.

Terbitnya PP Nomor 115 tahun 2021 tentang PTN-BH ini juga tidak serta bahwa salah satu income generating UM melalui pembebanan uang kuliah tunggal (UKT) menjadi naik. Melainkan UM akan berupaya untuk membentuk badan usaha yang dapat mendukung sistem keuangan kampus.

Ketua Senat UM, Prof. Sukowiyono menambahkan dengan status PTN-BH ini, kampus bisa leluasa dari sisi ekonomi, sehingga lebih bisa mempercepat apa yang menjadi visi UM, menjadi perguruan tinggi modern, unggul dan bermartabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MENDIKBUD dan MENAG Sisipkan Nilai Antikorupsi Sebagai Strategi Dunia Pendidikan

Mendikbud-Ristek Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan usulan strategi dalam menyisipkan sisi antikorupsi di sektor pendidikan. Hal tersebut terkait dengan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Selasa (7/12/2021) dalam webinar Peluncuran Strategi Nasional Pendidikan Antikorupsi di YouTube KPK, Nadiem mengatakan bahwa beliau sangat sepakat dengan pernyataan Bapak […]

Subscribe US Now