Mahasiswa dan Dosen UI Pilih Blended Learning, Epidemiolog : Wajar, Penanganan Pandemi Tidak Pernah Beres

masukkampus

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono melihat sikap mahasiswa dan dosen di kampusnya yang belum mau memulai belajar tatap muka adalah suatu kewajaran.

Melansir dari tempo.co, Tri Yunis mengatakan penanganan pandemi di Indonesia tidak pernah beres, oleh karena itu ia mendukung langkah civitas akademika UI terkait belum maunya belajar tatap muka.

Sebagai informasi, mayoritas dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia tidak lagi menginginkan belajar tatap muka secara penuh setelah setahun belajar daring. Hal itu terungkap dalam hasil survei kesiapan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di lingkungan UI.

Dari total responden mahasiswa UI sebanyak 18.923 orang, yang memilih opsi kegiatan belajar mengajar Bauran sebanyak 9.083 (48 persen), kegiatan belajar mengajar daring penuh sebanyak 5.298 (28 persen) dan yang memilih pembelajaran tatap muka penuh hanya 4.542 (24 persen).

Menurut dia, kegiatan belajar mengajar secara penuh tatap muka sangat berisiko terhadap penularan Covid-19. Sebabnya hingga hari ini penanganan wabah belum bisa dikendalikan.

Lanjutnya, proses kegiatan belajar mengajar, bisa dilaksanakan jika level penularan virus sudah masuk epidemi, yang berarti penularan hanya bersifat lokal. Yang mana artinya saat ini masih global.

Terakhir, Tri mengatakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau Mikro hanya sekedar aturan yang penerapannya di lapangan tidak diawasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Curhat Mahasiswa ITB Belajar Online : Pinjam Alat Praktikum Sulit Karena Birokrasi

Menjelang perkuliahan semester baru tahun ajaran 2021/2022, mahasiswa ITB menyampaikan aspirasinya tentang pembelajaran daring dan luring dalam dialog virtual bersama Direktorat Pendidikan ITB. Melansir dari detik.com, mahasiswa perwakilan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Atanayaka Gasal Adirajasa, menuturkan, mahasiswa butuh menjalankan praktikum, mendapat kemudahan meminjam alat pembelajaran, dan menjalani kelas […]

Subscribe US Now