Kamu Berminat Masuk Sekolah Kedinasan? Intip Yuk! Jenis Tahapan Tesnya

masukkampus

Sekolah kedinasan menjadi favorit semua orang untuk menempuh pendidikan disana, terkhusus siswa kelas 12. Tidak hanya pendidikannya gratis, lulusan sekolah kedinasan juga bisa langsung mendapatkan pekerjaan.

Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa tahapan tes yang harus kamu lalui untuk masuk sekolah kedinasan. Tahapan tes tersebut sebagai berikut:

1. Tes Kemampuan Akademik (TKA)
Tes Kemampuan Akademik alias TPA adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik siswa, terkait materi pelajaran di sekolah. TPA terdiri dari tes bahasa, tes numerik (angka), tes logika, hingga tes spasial (gambar ruang). 

2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes jenis ini dibagi menjadi tiga bagian yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Tes Kemampuan Bidang (TKB) bertujuan untuk mengetahui keahlian peserta dengan bidangnya masing-masing. Dalam tes ini, materi ujiannya lebih spesifik dan terdiri dari dua jenis tes yakni ujian tulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan ujian praktik untuk beberapa bidang tertentu. 

4. Tes Kesampataan
Tes ini dilakukan dalam bentuk tes fisik seperti push up, pull up, lari, dan olahraga fisik lainnya yang dilakukan oleh sekolah pendidikan semi militer, seperti IPDN, STIN, POLTEKIP, POLTEKIM, dan lainnya.

5. Tes Kesehatan
Tes kesehatan adalah salah satu tahapan penting yang harus dilalui siswa sebelum dinyatakan lolos. Dalam tes ini, siswa akan dicek terkait darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, kesehatan gigi, kesehatan paru-paru, dan tes lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kata Siapa Anak IPS Gak Bisa Masuk Sekolah Kedinasan? Ini Dia Rekomendasi untuk Anak IPS!

Pejuang sekolah kedinasan tahun 2022 wajib banget mempersiapkan diri dari sekarang, karena peminat dari sekolah ini sangatlah banyak. Dengan berbagai macam tahapan tes yang akan kamu lalui, membuat kamu harus mempersiapkannya dengan maksimal. Perlu kamu ketahui, tidak hanya untuk lulusan IPA saja, sekolah kedinasan juga terbuka untuk lulusan IPS. Terus […]

Subscribe US Now