Jurusan Ini Tidak Dimiliki Kampus Lain, Tapi Lulusannya Digaji Besar, Apa tuh?

masukkampus

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menjadi sekolah kedinasan impian bagi banyak siswa lulusan SMA tiap tahunnya. Pasalnya, lulusan PKN STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di lingkungan Kemenkeu atau instansi pemerintah lainnya.

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Melansir dari akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, jumlah pendaftar yang telah melakukan submit sebanyak lebih dari 40 ribu peserta pada tahun ini. PKN STAN pun memiliki jurusan yang tidak asing bagi peminatnya dikarenakan hanya dimiliki oleh PKN STAN.

Berikut jurusan di PKN STAN yang tidak dimiliki oleh kampus lain:
1. Kepabeanan dan Bea Cukai
2. Kebendaharaan Negara
3. Manajemen Aset
4. Pajak Bumi Bangunan/Penilai

Perlu diketahui PKN STAN bersifat ikatan dinas, sehingga mahasiswa STAN tidak akan dipungut biaya selama menjalankan pendidikan. Tak hanya itu, lulusannya pun juga akan mendapatkan gaji pokok beserta tunjangan kinerja yang besar.

Berdasarkan PMK Nomor 226/PMK.01/2020, lulusan STAN dari program D3 secara otomatis akan diangkat menjadi CPNS golongan IIc. Sedangkan untuk program D1 akan menempati golongan IIa.

Berdasarkan peraturan tersebut, golongan IIc tahun pertama akan mendaptkan gaji sebesar Rp 2.301.800 setiap bulan. Sedangkan, golongan IIa akan mendapatkan gaji pokok Rp 2.022.200 per bulan.

Kemudian, pada tahun berikutnya, lulusan STAN program D3 akan mendapatkan gaji Rp.2.374.300. Untuk lulusan program D1 akan mendapatkan gaji Rp 2.054.100. Apabila lulusan STAN dengan masa kerja 33 tahun akan menerima gaji Rp 3.365.000.

Selain gaji, lulusan STAN yang sudah diangkat menjadi PNS akan menerima tunjangan kinerja. Berdasarkan PP Nomor 156 tahun 2014, tukin untuk kelas jabatan terendah (kelas 1) sebesar Rp 2.575.000. Sementara itu, untuk kelas jabatan tertinggi (kelas 27) mencapai hingga Rp 46.950.000.

Lulusan STAN program D3 masuk dalam kelas jabatan 6 dengan tukin yang diterima sebesar Rp 3.611.000.

Gimana nih Glads, apakah kamu menjadi salah satu peminat dari PKN STAN?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Program Studi Aktuaria Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja Apa Saja Ya?

Masih bingung menentukan program studi yang akan dipilih di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Neger (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri PTN maupun PTS 2022? Program studi Aktuari ini bisa menjadi pertimbangan karena jumlah SDM dari lulusan Aktuaria masih kurang padahal sangat dibutuhkan di Indonesia. Beberapa […]

Subscribe US Now