ITS Mendapatkan Peringkat Pertama Nasional Versi Simkatmawa 2021 Kemendikbud Ristek

masukkampus

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengumumkan pemeringkatan Simkatmawa 2021.

Simkatmawa merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan. Pemeringkatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu institusi yang akan berbanding lurus dengan peningkatan mutu lulusannya.

Tahun 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih peringkat pertama nasional dalam Simkatmawa.

Direktur Kemahasiswaan ITS Imam Abadi menjelaskan, Simkatmawa merupakan tolak ukur kinerja dari manajemen bidang kemahasiswaan. Pengukuran tersebut dimulai dari bagaimana perguruan tinggi mengatur kemahasiswaannya sampai manajemen kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler mahasiswa yang dibina oleh bidang kemahasiswaan ITS.

Imam juga menambahkan Dalam pengukuran ini, terdapat empat macam indikator penilaian :

1. Performa manajemen institusi. Dalam hal ini, performa dinilai dari bagaimana ITS memberikan payung hukum, pendanaan, dan pembinaan kepada kegiatan kemahasiswaan.

2. Performa pelaksanaan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Dalam kegiatan tersebut terdiri dari magang, pertukaran pelajar, kewirausahaan, dan lain sebagainya. ITS telah berulang kali berkontribusi dengan cara pengabdian masyarakat, diselenggarakannya riset oleh dosen dan mahasiswa, dan lain sebagainya.

3. Kegiatan kokurikuler dan pencapaian prestasi dalam ekstrakurikuler secara mandiri.

4. Prestasi yang diraih mahasiswa dalam kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek. Kompetisi-kompetisi yang diraih ITS terdiri dari Kontes Robot Indonesia (KRI), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), dan lain sebagainya.

Imam berharap mahasiswa yang berprestasi hendaknya meningkatkan prestasinya di bidang yang ditekuni. Imam juga berharap agar mahasiswa ITS bisa lebih kompak dengan satu sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Catat! Ketentuan Khusus SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Politeknik 2022

eknis pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 sudah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Sosialisasi Daring Penerimaan Mahasiswa baru PTN 2022 pada Sabtu (11/12/2021) dan Minggu (12/12/2021). Dalam SNMPTN 2022 sendiri, tiap […]

Subscribe US Now