ITB Dianggap Jadi Kampus Yang Konsisten Tingkatan Performa

masukkampus

QS Higher Education menyebut Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai universitas yang konsisten meningkatkan performanya dari tahun ke tahun.

Hal tersebut disampaikan Senior Vice President QS Quacquarelli Symonds, Ben Sowter, dalam Webinar SEAMEO-QS Higher Education (HE) Forum: Using Performance Insight to Build WCU in SEA, yang diselenggarakan oleh The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), Minggu (14/10/2021).

Ia memaparkan, ITB yang berada di peringkat 461-470 pada tahun 2014, sekarang telah mencapai peringkat 303 terbaik dunia.

Cara ITB terus meningkatkan performanya adalah dengan memfokuskan pada indikator ITB yang paling kuat yaitu indikator reputasi akademis. Indikator ini dipenuhi dengan survei selama 5 tahun dengan respons yang mencapai 130.000.

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan Ben Sowter mengenai pemilihan ITB sebagai contoh kisah keberhasilan universitas Asia Tenggara, yaitu:

1. Memilih fokus jangka panjang dan tujuan strategis yang nyata.

2. Tidak memandang pemeringkatan semata-mata sebagai peringkat saja, melainkan lebih ke investasi pada identitas mereka dan mengarahkan kemajuan institusinya sesuai ukuran-ukuran yang mereka tetapkan.

3. Tidak memfokuskan diri pada satu sisi dimensi pemeringkatan melainkan lebih pada mengambil pendekatan longitudinal strategis.

4. Memelihara keyakinan dan ketaatazasan terhadap jalan kemajuan yang telah dipilih sebagai langkah yang tepat untuk mereka.

Ia juga menyampaikan quotes dari Warren Buffet, “It takes 20 years to build reputation, but it takes 20 seconds to destroy one”, yang artinya “Butuh 20 tahun untuk membuat reputasi tetapi butuh hanya 20 detik untuk merusaknya.

Menanggapi pandangan Ben Sowter, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah berkomentar bahwa pencapaian ini kiranya dapat menjadi bahan introspeksi bersama bagi seluruh sivitas akademika ITB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cegah Penyebaran Covid-19, Sekolah dan Kampus Tidak ada Libur Nataru

Rabu (1/12/2021) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan suarat edarah (SE) terkait pembelajaran jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Surat Edaran yang dikeluarkan Kemendikbud Ristek ditujukan ke Gubernur, Bupati/Wali Kota, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, dan pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah dalam rangka mengurangi […]

Subscribe US Now