Duh! Peringkat Kampus Turun, Indonesia Ditinggal Malaysia dan Filipina

masukkampus 1

Peringkat universitas di Malaysia berada jauh di atas kampus di Indonesia dalam daftar pemeringkatan kampus dunia Times Higher Education (THE) dalam kategori Asian University Ranking.

Data terbaru tahun 2021 menunjukkan University of Malaya berhasil menduduki peringkat ke-49 di Asia.
Selain Malaysia, kampus di Filipina juga berada di posisi lebih baik daripada Indonesia, yaitu University of the Philippines di peringkat ke-84.

Sedangkan Indonesia, kampus Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, peringkat ke-15 di Asia Tenggara, dan urutan 194 di Asia.

Perlu kamu ketahui, peringkat UI bahkan merosot dari sebelumnya posisi 162. Tak hanya UI, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga berada pada peringkat 310. Merosot jauh dari tahun sebelumnya peringkat 264.

Ketua Dewan Profesor Universitas Padjadjaran (Unpad) Arief Anshory Yusuf mengungkapkan keprihatinannya atas fakta tersebut. Menurutnya data THE menunjukkan peringkat kampus besar di Indonesia terus menurun dari tahun ke tahun.

Arief menyatakan data peringkat yang disampaikan Times Higher Education tersebut harus benar-benar dicermati baik oleh kampus maupun jajaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek. THE menurutnya merupakan lembaga pemeringkatan kampus paling tua dan kredibel di dunia.

One thought on “Duh! Peringkat Kampus Turun, Indonesia Ditinggal Malaysia dan Filipina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Instansi Pusat yang Buka Formasi CPNS Untuk Lulusan SMA/SMK/MA, Berapa Besaran Diterima?

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih berlangsung hingga 21 Juli mendatang. Seleksi CPNS tahun ini turut membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Bahkan, peluang lulusan SMA/SMK sederajat untuk lolos seleksi CPNS 2021 sangat besar. Pasalnya, sejumlah instansi pemerintah membuka banyak formasi untuk pemilik ijazah SMA/SMK sederajat dalam seleksi CPNS […]

Subscribe US Now