Curhat Mahasiswa ITB Belajar Online : Pinjam Alat Praktikum Sulit Karena Birokrasi

masukkampus

Menjelang perkuliahan semester baru tahun ajaran 2021/2022, mahasiswa ITB menyampaikan aspirasinya tentang pembelajaran daring dan luring dalam dialog virtual bersama Direktorat Pendidikan ITB.

Melansir dari detik.com, mahasiswa perwakilan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Atanayaka Gasal Adirajasa, menuturkan, mahasiswa butuh menjalankan praktikum, mendapat kemudahan meminjam alat pembelajaran, dan menjalani kelas luring.

Ata mengatakan, praktikum jadi salah satu kebutuhan utama yang tetap perlu dilaksanakan untuk menunjang pemahaman materi para mahasiswa di fakultasnya. Ia menambahkan, Himpunan mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika menyarankan kegiatan praktikum konsisten seperti seminggu sekali dan peminjaman alat untuk melakukan modul seperti yang biasa dijalankan sebelum pandemi.

Ia bercerita, mahasiswa ITB tingkat akhir menghadapi birokrasi yang sulit untuk mengakses alat dalam processing data. Sementara tidak semua mahasiswa tingkat akhir punya alat.

Lanjutnya, kebutuhan praktikum, kuliah lapangan karangsambung, dan pemetaan mandiri oleh himpunan juga diperlukan mahasiswa ITB.

Terakhir, Ata menuturkan, teknis kuliah daring juga menyebabkan kelelahan mental dan fisik, kesulitan fokus karena distraksi di rumah dan durasi panjang melihat laptop, masalah kompatibilitas device belajar, dan masalah kuota dan jaringan para mahasiswa di fakultasnya.

Setidaknya, kalau diadakan kelas offline mengurangi kelelahan mental dan kelelahan fisik seperti sakit punggung, sakit mata, dan kejenuhan di depan laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UB Akan Terapkan Kuliah Blended Learning Pada Tahun Ajaran Baru

Sama seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, saat ini Universitas Brawijaya (UB) telah menetapkan kegiatan kuliah tahun akademik 2021/2022 diselenggarakan secara blended learning dengan rincian 75 persen secara daring dan 25 persen secara luring. Hal ini disampaikan secara resmi oleh Rektor UB Nuhfil Hanani. Ia menjelaskan, mahasiswa yang ditentukan […]

Subscribe US Now