Catat Yuk! 7 Jurusan Kuliah IT Yang Wajib Kamu Ketahui

Airul Septian

Jurusan IT merupakan jurusan yang memiliki banyak prospek kerja kedepannya, terutama di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berbagai macam perusahaan maupun instansi membutuhkan lulusan IT untuk mendukung kemajuan perusahaan atau instansi tersebut.

Beberapa jurusan sangat fokus dalam kemampuan pengembangan IT untuk mahasiswanya. Lantas apa saja jurusan IT yang perlu kamu ketahui ? Berikut daftarnya.

1.Teknik Informatika

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan pengelolaan perangkat komputer. Bagaimana tidak, mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari secara optimal teknologi komputer seperti merancang perangkat lunak yang betujuan untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Prospek kerja dari jurusan ini seperti bisa menjadi programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, database engineer, network administrator dan lainnya.

2.Teknik Komputer
Teknik komputer merupakan disiplin ilmu yang mengkombinasikan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network) dari sistem komputasi modern, peralatan yang dikontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas.

Mahasiswa lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang Embedded System Engineer, Programmer, Database Administrator, Computer Analyst dan Network Administrator.

3.Sistem Informasi
Sistem informasi adalah program studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Sistem informasi salah satu jurusan yang sangat banyak diminati calon mahasiswa. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

Prospek kerja jurusan ini sangat beragam, salah satunya dapat menjadi web developer, data analyst, UI/UX developer, software engineer, dan lainnya.

4.Sistem Komputer
Jurusan ini mengkombinasikan antara ilmu komputer dengan teknik elektro. Hanya saja ilmu komputer lebih fokus pada hardware.

Prospek kerja pada jurusan ini hampir sama dengan jurusan IT lainnya seperti programmer, network engineer, embedded system engineer, system analyst, IT consultant, intelligent system developer dan lainnya.

5.Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer hampir sama dengan jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Jurusan ini identik dengan computer programming dan sistem komputasi. Ilmu komputer mencakup beragam topik mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, hardware maupun software.

Profesi karir lulusan jurusan ilmu komputer bisa menjadi mobile app developer, web developer, game developer dan desktop app programmer.

6.Teknik Elektro

Secara umun mahasiswa teknik elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi yang terkait.

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, ahli robotik, dan lain sebagainya.

7.Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang memiliki jenjang karir yang sangat luas. Jurusan ini akan mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual.

Prospek kerja dari jurusan desain komunikasi visual dapat berkarir sebagai , Web Designer, Graphic Designer, Designer grafis, Illustrator, animator dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem : Orang Tua dan Guru Harus Memastikan PJJ Tetap Berjalan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan bahwa orang tua dan guru harus ikut andil dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini dikarenakan butuh perhatian besar kepada siswa, terutama memastikan PJJ dapat berjalan dengan lancar. Lanjutnya, walaupun proses belajar selama pandemi belum optimal, Kemendikbud terus memastikan PJJ berjalan dengan […]

Subscribe US Now