Catat! KIP-Kuliah 2021 Sudah Dibuka, Berikut Ragam Manfaatnya

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim resmi membuka pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) tahun 2021.

Pendaftaran akun KIP-Kuliah telah dibuka pada 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021. Sebagai informasi, tahun 2020 telah disalurkan bantuan KIP-Kuliah untuk 200 ribu mahasiswa baru.

KIP-Kuliah pada tahun 2021 juga akan kembali disalurkan dengan jumlah yang sama yaitu 200 ribu kepada mahasiswa baru hingga masa studi selesai.

Beberapa keunggulan dan manfaat untuk mahasiswa penerima KIP-Kuliah antara lain bantuan biaya pendidikan hingga bantuan biaya hidup.

Melansir dari laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ berikut sejumlah manfaat yang diterima oleh mahasiswa penerima KIP-Kuliah di tahun 2021 :

1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.
2. Pembebasan biaya kuliah dan memperoleh bantuan biaya hidup. 
3. Siswa penerima program KIP-Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal.
4. Bantuan untuk mahasiswa S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt. D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt. D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt. Dan D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt.

Nadiem mengatakan, program KIP-Kuliah akan menargetkan 1,095 juta mahasiswa pada 2021, termasuk Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) yang akan ditargetkan 7.382 penerima.

Terakhir, ia berharap dengan adanya program KIP-Kuliah dapat membantu dan menjembatani calon mahasiswa dan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di kampus impian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Berikut Jurusan Paling Favorit di ITB

Penerimaan mahasiswa baru ITB untuk jenjang sarjana tahun ini dibuka melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Khusus pada jalur SNMPTN, ITB menawarkan Program Peminatan. Selain itu ITB juga membuka kelas Internasional. Selain itu, calon mahasiswa juga perlu mengetahui jurusan apa saja yang paling banyak diminati di ITB, […]

Subscribe US Now