Cara Daftar dan Persyaratan KIP-Kuliah Tahun 2021

masukkampus

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) secara resmi telah dibuka hingga 31 Oktober 2021. Sebagai informasi, program KIP-Kuliah akan ditargetkan kepada 1 juta lebih penerima yang berhak. Terutama dalam keterbatasan finansial dan berprestasi dari segi akademik maupun non-akademik.

KIP-Kuliah merupakan jaminan negara kepada mahasiswa yang memenuhi syarat untuk melangsungkan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan.

Dilansir dari laman resmi KIP-Kuliah, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa dirasakan oleh para penerima, yaitu pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/pendidikan, dan bantuan biaya hidup bulanan

Berikut syarat pendaftaran KIP-Kuliah tahun 2021 :

a. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya.
b. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera.
c. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.

Adapun tata cara pendaftaran KIP-Kuliah sebagai berikut :

a. Login ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau bisa akses melalui aplikasi KIP-Kuliah.
b. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang aktif.
c. Melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN;
d. Pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.
e. Pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah.
f. Mendaftar dan mengikuti seleksi perguruan tinggi sesuai jalur masuk SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri pada panitia seleksi nasional atau panitia seleksi masuk perguruan tinggi.
g. Setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir adalah melakukan verifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Resmi! MENDIKBUD Akan Kembali Membuka Sekolah di Bulan Juli 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan proses pembelajaran tatap muka di sekolah akan dibuka pada Juli 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, sudah lama siswa tidak belajar tatap muka di sekolah. Sebagai informasi, pemerintah akan melakukan program vaksinasi kepada 5,5 juta guru dan dosen dengan target selesai […]

Subscribe US Now