Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Berikut Jurusan Paling Favorit di ITB

masukkampus

Penerimaan mahasiswa baru ITB untuk jenjang sarjana tahun ini dibuka melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Khusus pada jalur SNMPTN, ITB menawarkan Program Peminatan. Selain itu ITB juga membuka kelas Internasional.

Selain itu, calon mahasiswa juga perlu mengetahui jurusan apa saja yang paling banyak diminati di ITB, terutama pada SBMPTN.

Dengan mengetahui jurusan favorit, kamu jadi bisa memahami tolak ukur dari suatu jurusan. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan tersebut. Berikut 3 jurusan favorit di ITB :

1. Teknik Informatika – STEI
IT (Information Techno-logy) sudah menjadi kebutuhan bagi setiap organisasi / instansi termasuk perusahaan. Tak heran jika lulusan dari jurusan ini menjadi paling banyak dicari perusahaan.

Teknik Informatika masuk ke dalam Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI). Secara garis besar, jurusan ini mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi. Adapun prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika adalah software engineer, system analyst dan system integrator, konsultan IT, database engineer / database administrator, web engineer / web administrator,
programmer, dan lainnya.

2. Teknik Geofisika – FTTM
Teknik Geofisika berada di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, kemudian bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut.

Selain itu untuk prospek kerja lulusan Teknik Geofisika bisa bekerja di LIPI (Pusat Penelitian Geoteknologi, Pusat Penelitian Fisika Terapan), BPPT, BMG (Badan Meteorologi dan Teknik Geofisika), Lemigas (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi), Pertamina, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, bidang eksplorasi, eksploitasi, akuisisi data, pemrosesan data Teknik Geofisika, konsultan, dan lainnya.

3. Teknik Metalurgi – FTTM
.
Teknik Metalurgi juga masuk ke Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Mahasiswa jurusan ini akan memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy dan memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis.
.
Prospek kerja jurusan ini antara lain bisa bekerja di industri pertambangan, industri ekstraksi dan peleburan logam, industri baja, industri logam non-baja, industri manufaktur, industri perminyakan dan gas, perdagangan, lembaga penilitian dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Catat Yuk! 7 Jurusan Kuliah IT Yang Wajib Kamu Ketahui

Jurusan IT merupakan jurusan yang memiliki banyak prospek kerja kedepannya, terutama di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berbagai macam perusahaan maupun instansi membutuhkan lulusan IT untuk mendukung kemajuan perusahaan atau instansi tersebut. Beberapa jurusan sangat fokus dalam kemampuan pengembangan IT untuk mahasiswanya. Lantas apa saja jurusan IT yang perlu […]

Subscribe US Now