Berbeda dengan PTN lainnya, Berikut Mekanisme Penerimaan Mahasiswa ITB Tahun 2021

masukkampus

Penerimaan mahasiswa baru ITB untuk jenjang sarjana tahun ini dibuka melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Khusus pada jalur SNMPTN, ITB menawarkan Program Peminatan. Selain itu ITB juga membuka kelas Internasional.

Jalur Seleksi Mandiri menjadi jalur alternatif bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik yang baik dan menginginkan diterima langsung di program studi yang diinginkan. Pada penerimaan jalur seleksi mandiri, ITB menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan nilai UTBK sebagai materi penilaian.

Untuk diketahui, mekanisme penerimaan mahasiswa di ITB sedikit berbeda dengan universitas lainnya. Pasalnya, ITB akan memberlakukan dua mekanisme, yaitu penerimaan melalui jalur fakultas dan peminatan program studi.

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto mengatakan, penerimaan melalui peminatan program studi dapat langsung memilih program studi yang diinginkan, berbeda halnya dengan fakultas/sekolah. Mahasiswa hanya dapat masuk ke program studi apabila telah melalui tahapan tes di akhir tahun. Namun, jika program studi tersebut banyak peminatnya, pihak ITB akan mempertimbangkan kembali dengan memperhatikan nilai akademik.

Mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN akan diterima juga melalui jalur peminatan program studi. Pendaftaran pada laman LTMPT dapat menentukan fakultas/sekolah, dilanjutkan pendaftaran di website ITB untuk memilih peminatan program studi. Perlu diketahui, prodi yang dipilih harus berada dalam fakultas/sekolah yang sama. Laman program peminatan ITB 2021 akan tersedia pada tanggal 15 – 25 Februari 2021. Peserta SNMPTN 2021 tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari satu program studi dalam fakultas/sekolah yang sama.

Terakhir Arief mengatakan, mahasiswa yang masuk melalui jalur Seleksi Mandiri (SM-ITB) dapat langsung memilih peminatan program studi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem Memastikan Asesmen Nasional Tidak Menambah Beban Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) ditunda hingga bulan September 2021. Ia juga berjanji bahwa Asesmen Nasional tidak akan membebani siswa yang mengikutinya, terkhusus kelas 4, 8, dan 11. Selain itu, Nadiem mengungkapkan Asesmen Nasional dilakukan bukan untuk menambah beban siswa dan bukan sebagai […]

Subscribe US Now