Bantuan Kuota Internet Bisa Akses Youtube, Catat Yuk Rinciannya!

Airul Septian

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memutuskan untuk memberikan bantuan subsidi kuota internet bagi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen dari bulan Maret hingga Mei 2021

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kebijakan ini diambil lantaran banyaknya respons positif atas kebijakan tersebut.

Ada kabar gembira pada subsidi kuota kali ini. Di mana kuota bantuan bisa untuk mengakses Youtube untuk media pembelajaran siswa maupun mahasiswa.

Hal ini karena Nadiem menyadari bahwa Youtube adalah media yang sangat penting pada saat ini untuk media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Nadiem juga mengungkapkan, kuota yang ada lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Alasannya karena adanya fleksibilitas akses situs yang diperluas.

Sebagai informasi, bantuan disalurkan pada tanggal 11 hingga 15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima.

Siswa, mahasiswa, dan pendidik yang akan menerima bantuan kuota tersebut adalah semua yang menerima bantuan kuota pada bulan November hingga Desember 2020.

Namun untuk pengguna dibawah 1 gigabyte tidak akan menerima subsidi kuota lagi. Pasalnya, berdasarkan evaluasi tahun lalu, Kemendikbud banyak menemukan pemakaian kuota dibawah 1 gigabyte dan tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Adapun besaran subsidi kuota yang diperoleh sebagai berikut:

  1. Siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan besaran kuota 7 gigabyte per bulan.
  2. Siswa dan guru SD/SMP/SMA dengan besaran kuota 10 gigabyte per bulan.
    3.Mahasiswa dan Dosen dengan besaran kuota 15 gigabyte per bulan.

Terakhir Nadiem berharap subsidi kuota ini dapat digunakan dengan semaksimal mungkin, terkhusus dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Belum Dapat Bantuan Kuota ? Berikut Cara Daftar dan Syaratnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis di tahun 2021 untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, besaran kuota gratis Kemendikbud di tahun 2021 memang tak sebesar tahun 2020, meski begitu, namun kuota tersebut dapat mengakses Youtube sebagai media […]

Subscribe US Now