Akhirnya! UNP Resmi Menyandang Status Sebagai PTN-BH

masukkampus

Universitas Negeri Padang (UNP) kini resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Status baru ini, dibuktikan dengan ditandatanganinya oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Peraturan Pemerintah No.114 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Negeri Padang (UNP), tertanggal 25 November 2021.

Maka terhitung sejak tanggal tersebut UNP resmi berubah status kelembagaan dari PTN BLU (Badan Layanan Umum) menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

Rektor UNP, Prof. Ganefri mengatakan bahwa perubahan UNP sebagai PTN BLU menuju PTN BH dilatarbelakangi oleh beberapa hal.

Pertama, PTN BH mampu memberikan kemandirian pada pengelolaan dalam berbagai bentuk bidang seperti bidang keuangan sarana dan prasarana serta ketenagakerjaan.

Kedua, PTN BH dapat melahirkan percepatan inovasi melalui pengembangan Iptek yang lebih luas untuk mengembangkan lembaga.

Ketiga, PTN BH diharapkan dapat merancang kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perubahan.

Serta keempat, PTN BH menuntut adanya perubahan yang meningkat dalam perguruan tinggi negeri tersebut secara reputasi maupun kualitasnya. Baik secara institusi maupun sumber daya begitu pula dengan lulusannya.

Perjalanan panjang UNP menjadi PTN BH, sebenarnya telah direncanakan sejak 5 tahun terakhir. Hal ini termaktub dalam Renstra UNP tahun 2016-2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PPKM Level 1 Non Jawa Bali Pelajar Masih Sekolah Online

Penularan kasus aktif virus atau Covid-19 terus melandai di tanah air. Namun, pemerintah secara resmi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlevel di luar Jawa dan Bali, mulai 7-23 Desember 2021. Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 65 Tahun 2021, terjadi peningkatan wilayah yang berstatus PPKM Level 1 […]

Subscribe US Now