80 Persen Mahasiswa Lulusan Indonesia Tidak Bekerja Sesuai Prodi

masukkampus

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan mayoritas mahasiswa di Indonesia tidak bekerja sesuai dengan jurusan kuliah atau program studi (prodi) yang dijalaninya. Menurut data yang dihimpunnya, hanya sekitar 20 persen mahasiswa bekerja sesuai dengan prodi yang diambil.

Maka dari itu, dalam kesempatan kunjungannya ke USU, Nadiem menggencarkan program Merdeka Belajar, yang bertujuan agar mahasiswa bisa memiliki banyak pengetahuan di berbagai bidang studi.

Sebab, ia menilai persaingan di dunia pekerjaan ke depannya tidak cukup hanya menguasai satu disiplin ilmu saja.

Untuk melancarkan program tersebut, Nadiem berpesan kepada para mahasiswa dan dosen di USU untuk mendukung Merdeka Belajar. Mereka juga diminta terus berkreasi dalam mencoba berbagai macam ilmu selama menjalani masa perkuliahan.

“Intinya mereka bisa mencicipi berbagai macam ilmu, di mana S1 membuat mahasiswa bisa mencicipi beberapa disiplin (ilmu). Saya 100 persen, membuat mereka lebih kuat,” tutup Nadiem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wow! Ini 5 Jurusan Penyumbang Mahasiswa Drop Out Terbanyak

Istilah drop out atau DO biasa digunakan untuk merujuk siswa atau mahasiswa yang mengundurkan diri dari institusinya. Di perkuliahan, ada beberapa jurusan dengan jumlah mahasiswa DO terbanyak. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan “Statistik Pendidikan Tinggi 2020”. Dalam data itu tertera angka DO. Angka DO tiap jurusan dibagi menjadi […]

Subscribe US Now