2.742 Mahasiswa ITB Mendapatkan Keringanan Biaya Pendidikan

masukkampus

Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan keringanan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester untuk mahasiswanya.

Direktur Kemahasiswaan ITB Prasetyo Aditama mengatakan, keringanan biaya diberikan kepada 2.742 mahasiswa setiap semester. Adapun mekanismenya yaitu mahasiswa dapat mengajukan permohonan beasiswa untuk mendapatkan keringanan. Bantuan yang disiapkan untuk periode pengajuan nilainya mencapai Rp 4,6 miliar.

Lanjutnya, penerima bantuan UKT merupakan mahasiswa angkatan 2015 sampai 2019. Namun yang paling banyak berasal dari angkatan 2019, yaitu sebanyak 1.123 mahasiswa. Selain itu ada 57 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang mengajukan pembebasan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) karena tinggal menyelesaikan Tugas Akhir.

Menurut Prasetyo, beasiswa UKT terbagi menjadi beberapa kelompok, mulai dari keringanan cicilan dua hingga tiga kali, dan penurunan UKT sementara waktu serta permanen.

Ia menjelaskan, pemberian keringanan paling banyak yaitu melalui cicilan dua kali yang diterima oleh 923 mahasiswa dan 299 mahasiswa yang mengangsur UKT sebanyak tiga kali.

Terakhir ia mengatakan, terdapat 271 mahasiswa baru yang mendapat bantuan dari Kartu Indonesia Pintar-Kuliah di semester I dan akan diperpanjang sampai semester II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hari Bahagia Tak Dihadiri Orang Tua, Pengukuhan Praja IPDN Dipenuhi Isak Tangis

Pengukuhan muda praja merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh praja itu sendiri maupun keluarganya. Tak heran jika hal tersebut menjadi kebanggaan dan sangat berkesan. Sebab, selama menjalani pendidikan, praja muda tentunya mempunyai kisah dan cerita yang menarik di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Hal tersebut yang menjadi harapan […]

Subscribe US Now