SELEKSI JALUR PRESTASI ITS DAPAT MENGGUNAKAN KIP-KULIAH!

Seleksi jalur prestasi ITS menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Seleksi prestasi program sarjana memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022) dengan tujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualitas. Jalur ini dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta. Ketentuan bagi pendaftar dari SMK perlu menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dipilih.

Tanggal pelaksanaan jalur seleksi prestasi ITS:

Pendaftaran : 25 April – 31 Mei 2022

Verifikasi untuk prestasi hafalan kitab suci : 6 Juni 2022

Pengumuman hasil : 8 Juni 2022

Daftar ulang : 9-13 Juni 2022

Panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen bukti prestasi. Pendaftar seleksi prestasi wajib memiliki minimal satu prestasi sesuai kriteria. Prestasi yang dapat diunggah bukti capaiannya adalah:

  1. Juara lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional, yang terdiri dari olimpiade sains, olahraga, seni, dan karya ilmiah.
  2. Penghafal kitab suci.
  3. Pengalaman organisasi (ketua, wakil, atau anggota)
  4. Peringkat 1-15 final siswa di sekolah (mengikuti ketentuan pemeringkatan siswa eligible SNMPTN).
  5. Pengalaman ketua panitia.

Semua prestasi yang diunggah harus dilampirkan bukti prestasi, yakni dengan sertifikat, piagam penghargaan, surat keterangan, atau surat rekomendasi dari kepala sekolah. Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital harus mengunggah portofolio desain.

Calon mahasiswa yang diterima melalui seleksi prestasi ITS 2022 akan dikenakan biaya pendidikan berupa uang kuliah yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dalam kategori dengan mempertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar uang. Seleksi ini tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dan juga untuk program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul dapat didaftar oleh pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Informasi tentang KIP-K dapat dilihat melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Informasi lebih lanjut mengenai seleksi jalur prestasi ITS dapat diakses di laman https://www.its.ac.id/admission/sarjana/sp/

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share