Selain SNMPTN, Jalur Masuk PTN Ini Juga Akan Segera Dibuka

Ada banyak cara untuk diterima di perguruan tinggi negeri, salah satunya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sekarang sudah memasuki tahapan pendaftaran akun LTMPT.

Tapi ternyata tidak hanya itu Glads jalur undangan PTN. Ada berbagai jalur PTN yang juga akan segera dibuka di awal tahun 2022. Berikut 5 jalur lain yang akan segera dibuka:

1. SNMPN Politeknik

Memiliki nama yang hampir mirip dengan SNMPTN, SNMPN juga akan segera dibuka di awal tahun 2022. SNMPN merupakan seleksi jalur undangan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Adapun program studi yang dibuka yaitu program Diploma III (D-III)

2. PPKB UI

Selanjutnya ada PPKB UI yaitu jalur penerimaan UI untuk jenjang Vokasi dan S1 Paralel yang sistem penilaiannya menggunakan nilai rapor dan pertimbangan dari prestasi alumni yang berasal dari sekolah tersebut. Jalur ini bersifat terbatas dan hanya dapat diikuti oleh sekolah-sekolah tertentu.

3. SPAN PTKIN

SPAN PTKIN merupakan merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Sama halnya dengan SNMPTN, biaya pelaksanaan SPAN PTKIN juga ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

4. SBUB UNDIP

Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) UNDIP merupakan jalur penerimaan Universitas Diponegoro untuk program Sarjana S1 dan S1 Terapan yang penilaiannya berdasarkan prestasi di berbagai bidang. Untuk kamu yang memiliki berbagai sertifikat prestasi, bisa mencoba daftar jalur ini, Glads!

5. USMI IPB

USMI IPB merupakan salah satu jalur penerimaan sekolah vokasi IPB. Di jalur USMI, nantinya IPB akan mengundang sekolah untuk mengirim siswa-siswinya menjadi calon mahasiswa Sekolah Vokasi IPB. Kemudian calon mahasiswa tersebut diseleksi berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor).

Gimana, sekarang sudah tahu kan beberapa jalur selain SNMPTN? Banyak ya ternyata? Oleh karena itu, yuk coba dimanfaatkan semua jalur yang ada. Semangat Glads!

Sumber foto:

Ilustrasi rapor [daring]. Tautan: https://kabar6.com/dindikbud-pandeglang-bakal-gunakan-e-rapot/ilustrasi-rapor/ (Diakses: 11 Januari 2022)

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.