SBMPTN Tahun 2021 Sebentar Lagi, Berikut Materi Yang Akan Diujikan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal kegiatan dan ketentuan seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jalur masuk PTN 2021 sendiri terbagi atas 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri PTN.

Selain itu, LTMPT juga telah merilis materi apa saja yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN tahun 2021.

DIjelaskan oleh Prof. Budi selaku ketua pelaksana LTMPT, bahwa materi yang akan diujikan terdiri dari dua yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

TPS atau Test Potensi Skolastik sendiri untuk mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam ujiannya terdiri dalam beberapa sub-tes yaitu Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Selain itu, kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

Kemudian untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA) untuk mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada TKA adalah para Higher Order Thinking Skills (HOTS).

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.