Rektor UNAIR Usulkan Ujian Wawasan Kebangsaan untuk UTBK Tahun Berikutnya

Secara teknis, pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) relatif lancar. Namun, pihak Universitas Airlangga (Unair) menilai perlu adanya evaluasi dalam penerimaan mahasiswa baru untuk tahun mendatang.
.
Hal pertama yang dievaluasi oleh rektor Unair ini mengenai ketersediaan soal. Beberapa item soal masih digunakan di gelombang 1 dan 2 di UTBK. Kemudian dari sisi energi, dibutuhkan melakukan persiapan ujian dan lain-lain di setiap minggu tes.
.
Pada evaluasi kedua yaitu mengenai kualitas soal UTBK. Unair menilai selama ini soal UTBK hanya mengukur pada sisi IQ saja. Namun mengenai wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme terabaikan. Menurutnya, ada 2 hal pokok yg dibutuhkan semua universitas yaitu kemampuan berbahasa yang baik dan materimatika yang bersifat dasar. Bahasa baik logika baik, tutur kata baik, biasanya perasaannya juga baik sedangkan matematika yang sifatnya dasar akan membuat logikanya benar-benar masuk.
.
Dengan demikian, Unair mengusulkan tahun depan soal kebangsaan dan kebahasaan bangsa ini akan menjadi bagian yang harus diujikan untuk kawan-kawan yang akan masuk ke perguruan tinggi.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.