Ramai Bahas Soal Bahasa Panda, Ini Kata Penyelenggara UTBK 2020


Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 baru memasuki hari pertama, namun netizen sudah ramai membicarakan mengenai soal ‘bahasa panda’.
.
Bermula dari cuitan twitter yang mendapat 5.200 retweet. Tidak jelas betul kenapa dia menyebut soal ini sebagai soal ‘bahasa panda’. Yang jelas, bahasa dalam soal ini sungguh tidak umum.
.
Selain akun tersebut, banyak netizen yang membicarakan soal ‘bahasa panda’. Ada yang membagikan foto kertas soal, percakapan di aplikasi pesan, hingga tangkapan layar situs.
.
Kevalidan foto-foto yang beredar itu belum dapat dipastikan. Saat ditelusuri, salah satu foto kertas soal yang beredar di media sosial sudah ada sejak 2018.
.
Humas LTMPT Anwar Effendi berkomentar mengenai soal-soal viral semacam ini. Dia mengaku tidak bisa mengakses soal UTBK. Soal semacam itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya apakah merupakan soal UTBK atau bukan.
.
Tata tertib UTBK telah melarang peserta untuk membawa kamera. Maka tindakan memotret adalah tindakan terlarang yang dilakukan peserta. Konsekuensinya bisa dianggap kecurangan dan dapat didiskualifikasi.
.
Namun jelas, UTBK saat ini menggunakan komputer. Potret soal yang beredar di Twitter itu adalah potret soal di atas kertas, bukan di layar monitor komputer.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.