Terjadi Lagi! Ijazah Siswa ini Ditahan Sekolah Gara-gara Tidak Melunasi Tunggakan SPP

masukkampus

Sebanyak 19 siswa harus mengalami penahanan ijazah lantaran tunggakan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang tak dapat dilunasi. Para siswa tersebut berasal dari SMA dan SMK negeri dan swasta di Kota Bandung.

Salah satu orang tua siswa, Dedi mengatakan, anaknya tak mendapatkan ijazah asli setelah lulus pada Mei 2020. Bukan tanpa alasan, faktor ekonomi menjadi salah satu hambatan anaknya mendapatkan ijazah sebagai tanda kelulusan sekolah.

Selama ini Dedi cenderung melakukan berbagai jenis pekerjaan untuk memenuhi tunggakan biaya tersebut. Namun, belum mencukupi untuk melunasi tunggakan tersebut.

Ia pun berinisiatif untuk mendapatkan pendampingan dan mengajukan aduan kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat dengan harapan ijazah anaknya dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Sementara itu, tim pendampingan para orang tua siswa mengaku telah mendapatkan laporan mengenai penahanan ijazah ini hingga ratusan selama dua bulan terakhir. Tercatat 62 di antaranya secara tertulis dan 19 siswa sudah tervalidasi untuk dilanjutkan tindakan kepada dinas dan sekolah terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ketua LTMPT: Tidak Ada Potensi Kecurangan di Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021

Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Prof. Mohammad Nasih menyatakan, tidak ada potensi kecurangan yang bisa dilakukan peserta demi meraih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan lewat jalur UTBK-SBMPTN 2021. Ia mencontohkan, soal ujian yang baru bisa dibuka satu jam sebelum ujian berlangsung. Sehingga kemungkinan untuk bocor sangat kecil. Sempat viral di […]

Subscribe US Now