Sekolah Tatap Muka Bulan Juli, KPAI : Harus Ada Pemantauan di Lapangan

masukkampus

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai perlu ada penerapan pencegahan berlapis untuk satuan pendidikan yang akan melakukan pembelajaran tatap muka. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, perlu adanya emantauan lapangan untuk memastikan satuan pendidikan benar-benar siap saat melaksanakan belajar tatap muka.

Ia juga mengatakan, dasar pembukaan sekolah tatap muka, tidak hanya kesiapan dalam pengisian aplikasi di laman Kemendikbud saja, namun ada pemantauan lapangan untuk memastikan kesiapan sekolah dan daerah.

Lanjutnya, pemantauan tersebut dapat dilakukan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di setiap provinsi yang merupakan kepanjangan tangan Kemendikbud di daerah. Menurut KPAI selama ini, proses pemantauan ke sekolah secara langsung belum maksimal.

Selain itu, Retno mengatakan Kemendikbud harus memastikan semua sekolah di Indonesia mengisi laman Kemendikbud tentang kesiapan buka sekolah tatap muka. Sebab, sampai sekarang baru sekitar 50 persen sekolah mengisi, dan hanya sebagian kecil yang menyatakan siap.

KPAI juga mendorong agar pemerintah daerah berhati-hati dan mempertimbangkan uji coba sebelum pembukaan sekolah dilakukan. Uji coba bisa dilakukan kepada sekolah-sekolah yang dinilai sangat siap.

Terakhir Retno menghimbau, sekolah harus menyiapkan fasilitas kesehatan yang lengkap saat belajar tatap muka dengan berkoordinasi Dinas Pendidikan dan Puskesmas setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ada Penyesuaian! Berikut Jadwal Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 Terbaru

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui surat edaran resmi No. 12/SE.LTMPT/2021 mengumumkan tentang Penyesuaian Waktu Pelaksanaan dan Jadwal UTBK-SBMPTN 2021 yang berkenaan dengan waktu ibadah. Secara garis besar tidak ada perubahan jadwal yang signifikan. Pelaksanaan ujian tetap dibagi menjadi 2 gelombang, tetapi ada sedikit penyesuaian dan penambahan waktu pelaksanaan […]

Subscribe US Now