Nadiem Menyarankan Sekolah Tidak Perlu Melakukan Persiapan Berlebihan Dalam Asesmen Nasional 2021

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, bahwa orang tua murid dan sekolah tidak perlu berlebihan dalam persiapan Asesmen Nasional, seperti mengirimkan anaknya ikut bimbingan belajar. Ia melanjutkan bahwa Asesmen Nasional berbeda dengan Ujian Nasional.

Nadiem juga menegaskan Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan peserta didik karena tidak ada dampaknya kepada kelanjutan pendidikan murid, PPDB, maupun angka dan rapor.

Ia menjelaskan hasil Asesmen Nasional pun tidak akan berdampak pada guru dan sekolah.

Nadiem menuturkan, Asesmen Nasional memberi ruang lebih untuk peserta didik fokus pada kegiatan belajar. Sekolah akan memilih secara acak siswa kelas 4, 8 dan 11 dalam mengikuti Asesmen Nasional. Menurutnya, siswa kelas 6, 9, dan 12 bisa fokus mempersiapkan diri untuk seleksi masuk ke jenjang berikutnya.

Hasil dari Asesmen Nasional bisa memperlihatkan daerah mana yang butuh dukungan di bidang pendidikan.

Sebagai informasi, Asesmen Nasional tahun 2021 semula akan digelar pada Maret-Agustus. Namun akibat pandemi, Asesmen Nasional diundur ke September-Oktober 2021.

Dengan adanya perubahan jadwal, Kemendikbud juga akan melakukan simulasi Asesmen Nasional yang akan digelar pada April-Agustus 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

10 Prodi Soshum Dengan Ketetatan Tertinggi Di SBMPTN 2020

Program studi di UI berada pada urutan pertama dengan tingkat keketatan tertinggi di SBMPTN tahun 2020 yaitu program studi Ilmu Komunikasi. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan, semua prodi pastinya memiliki tingkat keketatan tertinggi yang berbeda-beda pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020. […]

Subscribe US Now